Kesehatan

Benarkah Setiap Orang Punya Sel Kanker dalam Tubuhnya?

×

Benarkah Setiap Orang Punya Sel Kanker dalam Tubuhnya?

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI sesl kanker. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.CIM– Entah ini benar atau tidak. Kabarnya setiap orang sudah memiliki sel kanker di dalam tubuhnya. Informasi ini dipercaya hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apalagi penilaian WHO, penyakit kanker adalah salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia.

Namun janga dulu dipercaya apalagi sampai membuat takut. Karena berdasarkan sejumlah laporan penelitian, tidak semua orang punya sel kanker dalam tubuhnya. Disebutkan, kanker adalah sel, bukan organisme seperti virus atau bakteri yang berasal dari luar tubuh manusia.

Sebagaimana dikutip dariĀ kompas.com, kanker memang bisa berkembang di dalam tubuh manusia. Namun, tubuh orang yang sehat bersih dari sel kanker sama sekali. Hanya orang yang mengidap penyakit kanker yang memiliki sel kanker dalam tubuhnya.

Lantas bagaimana anggapan masyarakat bahwa sel-sel dalam tubuh manusia berpotensi untuk menjadi sel kanker. Pemahaman ini benar, tetapi bukan berarti setiap orang sudah menyimpan sel kanker yang siap menyerang kapan saja.

Bagaimana kanker berkembang dalam tubuh manusia? Tubuh manusia terdiri dari ratusan miliar hingga triliunan sel. Sel-sel ini bertugas untuk menjalankan beragam fungsi tubuh. Setiap saat, sel-sel Anda akan terus berkembang dan membelah diri.

Ada juga sel yang akan mati atau rusak karena sudah tidak berfungsi lagi. Kalau ada sel yang mati, tubuh akan memproduksi sel baru untuk menggantikannya. Proses ini disebut sebagai siklus sel.

Jika ada sel yang rusak, tubuh punya sistem imun khusus untuk mendeteksi sel mana yang rusak. Tubuh akan kemudian membersihkan atau membunuh sel yang rusak tersebut supaya tidak mengganggu sel-sel lainnya.

Kanker hanya akan muncul kalau terjadi kesalahan pada sistem atau siklus sel Anda. Salah satu sel mungkin membelah diri secara tidak sempurna. Karenanya, sel ini berubah sifat jadi bahaya bagi tubuh.

Namun, kesalahan ini bisa jadi tidak terdeteksi oleh sistem imun. Akibatnya, kelainan sel ini dibiarkan berkembang begitu saja. Sel yang telah mengalami perubahan sifat (mutasi gen) tersebut dikenal sebagai sel kanker. Sel kanker akan merusak sel-sel lainnya serta organ tubuh tempat sel tersebut ditampung. Inilah asal-usul penyakit kanker yang muncul dari dalam tubuh manusia.(kpc/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *