Banteng Halut Saling Tanduk

0
264
Proses pelantikan Ketua DPC PDI-P di Grand Dafam beberapa waktu lalu

HARIANHALMAHERA.COM– Kisruh internal PDIP makin meluas. Kini, perpecahan mulai terjadi di tingkatan pimpinan anak cabang (PAC). Ada yang mendukung Inggrid Paparang sebagai Ketua DPC PDIP Halut, ada juga PAC yang tetap bertahan pada keputusan konfercab, yakni dr Heriyantho Tantry sebagai ketua.

Ketua PAC Galela Ismar Malige menegaskan, Ketua DPC PDIP Halut bukan Inggrid Paparang, tapi dr Heriyantho Tantry. Hal ini merupakan keputusan yang sudah diambil sesuai mekanisme dan aturan organisasi lewat konfercab. “Sudah terpilih dan dilantik. SK-nya saja dibacakan langsung pimpinan sidang dari DPP Kamarudin Watubun,” jelasnya.

Disinggung soal keberatan 17 PAC, Ismar membantahnya. Menurutnya, surat keberatan itu hanya dari beberapa PAC saja, tetapi sebagian besar PAC mengakui dr Cun sebagai Ketua DPC PDIP Halut sebagaimana hasil konfercab. “Perlu diklarifikasi. Itu yang membuat surat keberatan ke DPP terhadap dr. Cun bukan 17 PAC,  namun hanya beberapa saja,” terangnya.

Ismar pun membantah, pernyataan Ingrid terkait dr. Cun yang tidak mengikuti meknisme partai. Menurutnya, dr. Cun telah mengikuti seluruh tahapan pencalonan sebagaimana pedoman partai nomor 28 tahun 2019 konsolidasi partai. “Jadi kami kira seluruh tahapan pencalonan sampai terpilih ketua sudah memenuhi persaratan dan mekanisme partai,” jelasnya.

Terpisah, dr Cun yang dikonfirmasi via telepon mengatakan, SK yang dikantongi Ingrid Paparang belum final. Dia mengaku, dirinya dan beberapa PAC akan mengusulkan kembali. “Nantinya ada pembetulan perbaikan SK. Itu ada kesalahan penulisan. Nanti ada pengusulan,” singkat dr. Cun.

Diketahui, konflik internal DPC PDIP Halut pecah saat konfrecab di Ternate beberapa waktu lalu. Meski demikian, saat itu hasil konfercab sudah memutuskan dan melantik dr Cun sebagai Ketua DPC PDIP Halut.

Namun, belum genap sebulan, muncul isu penggantian pucuk pimpinan dari dr Cun ke Inggrid Paparang. Bahkan, pergantian itu langsung dengan penyerahan SK DPP melalui DPD PDIP Malut kepada Inggrid. Dalam SK yang ditandatangani Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri jelas nama Inggrid Paparang sebagai Ketua DPC PDIP Halut.(fik/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here