Stikmah Saingi 8 Kampus Ternama Indonesia

0
217
Pendiri Stikmah Tobelo, dr. Arend Mapanawang,

HARIANHALMAHERA.COM– Siapa bilang kampus dengan status akreditasi C tidak mampu bersaing dengan kampus-kampus ternama yang sudah terakreditasi A. Itu hanya sekadar mitos yang dibuktikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makariwo Halmahera (Stikmah).

Meski baru berstatus akreditasi C, namun Stikmah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), mampu bersaing dengan 8 kampus ternama di Indonesia di bidang inovasi. “Hanya Sembilan kampus. Kami satu-satunya akreditasi C,” kata DR. Arend L. Mapanawang selaku pendiri Stikmah, Senin (29/07).

Ia mengatakan, kebangaan lain yang diperoleh kampus swasta yang berada di bawah naungan Kopertis II Maluku-Maluku Utara, yakni bidang inovasi ini mensejajarkan kampus Stikmah bersama delapan kampus ternama di Indonesia untuk mengikuti pameran level Internasional dibidang inovasi.

“Innovation Indonesia Day Tahun 2019 di Germany ini adalah kegiatan yang ketiga. Kampus Stikmah terbilang sebagai peserta baru yang mengikuti pameran internasional di Saarland University Germany yang ditunjuk langsung Menristekdikti atas rekomendasi Kepala Kopertis XII Maluku-Maluku Utara,” ujarnya.

“Kami sebenarnya ke Saarland University Germany 10 orang mewakili Stikmah, hanya saja teman-teman yang lain masih terkendala pada pengurusan visa,” sambungnya.

Grafis

Dr Arend menambahkan, pihaknya berharap semoga pada kegiatan berikutnya, antara USA atau Australia sebagai tuan rumah, Stikmah masih tetap bergabung dengan grup delapan kampus yang ternama di Indonesia yang terakreditasi A pada level Internasional dibidang inovasi.

“Inovasi Day pertama 2017 di Enhoven Holand, kedua 2018 di Kobe Jepang, ketiga German, dan kemungkinan kegiatan berikutnya USA atau Australia. Semoga Stikmah masih tetap bergabung dengan grup yang ada,” harapnya.

Sementara itu, dr Arend menyebut sampai saat ini Stikmah Tobelo terus berinovasi. Seperti yang sementara dikembangkan beberapa inovasi dari Golarend yang inhibis virus dan anti oksidant. Tahun ini juga tengah uji laboratorium dan riset lanjutan sebagaimana Golobe Golarend bisa membersihkan nikotin bagi perokok.

“Golarend dapat membersihkan nikotin dari tubuh manusia untuk mencegah kanker, bahkan dari 11 asam amino, di golarend memiliki 8 asam amino,” terang dr Arend.

Perlu diketahu, Sembilan kmpus yang ikut dalam ajang pameran internatrional, yakni Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadja Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Airlangga (UAIR), Universitas Padjajaran (UNPAD), Universitas Diponegoro (UNDIP), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), dan Sekolah Tinggi Kesehatan Makariwo Halmahera (STIKMAH).(pn/fik/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here