Imeifa Jatuh Cinta Tari Salumbe

0
139
Pembawa Baki Paskibraka Halut, Imeife Biona Gali, mulai menekuni Tari Salumbe.

HARIANHALMAHERA.COM-Pembawa Baki merah putih, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) Halmahera Utara (Halut) tahun 2019, Imeife Biona Gali mulai menekuni Tari Salumbe. Tari itu, sudah Ia sukai sejak kelas Dua SMP.  Sekarang, mimpi itu, Ia jawab dengan mempelajarinya melalui Kelompok Tarian Budaya Paki-Paki.

“Sebenarnya sudah lama saya ingin pelajari tari Salumbe. Tetapi, karena satu dan lain hal, mimpi itu baru tercapai sekarang,”kenang Imeifa. Kamis (29/08).

Mempelajari Tari Salumbe, bagi Imeifa, tak terlepas dari keinginannya untuk selalu melestarikan Budaya orang Tobelo. Selain menari, Tari Salumbe, jadi ispirasi baginya untuk menggali serta mengenal lebih jauh nilai Budaya orang Tobelo.

“Dari belajar menari. Saya juga ingin mempelajari Budaya orang Tobelo pada umumnya,”jelasnya. Dia juga menyampaikan agar Pemda setempat, lebih memperhatikan nilai Budaya khusunya di Halut.  Sebab, itu jadi identitas kita.

Jesaya Banari mengaku, tidak akan membatasi siapapun bergabung dikelompok tari yang diasuhnya. Termasuk Imeifa, asalkan punya tekad ingin melestarikan Budaya Tobelo.

“Seingat saya Imeifa memang belum lama gabung disini. Cuman, lantaran serius belajar, sekarang berlahan dia sudah mulai bisa menari Salumbe,”ujar Jesaya selaku Pembina Sanggar Dabiloha. (sandro/mt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here