Halbar

Pemkab Halbar, Tahun Ini Dapat Lagi Bantuan Tower

×

Pemkab Halbar, Tahun Ini Dapat Lagi Bantuan Tower

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Tower Telkomsel (Foto:Liputan6.com)

HARIANHALMAHERA.COM– Upaya Pemkab Halbar untuk membuka akses jaringan telekominikasi ke seluruh desa kembali mendapat respon dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo).

Buktinya, tahun ini, Pemkab mendapat bantuan berupa 8 unit Tower BTS USO yang akan
dibangun langsung PT SEI Bandung, Jawa Barat. Tidak hanya itu, Pemkab juga mendapat 16 titik Layanan Akses Internet WIFI yang dibangun PT. Matra Mandiri Prima.

Kepala Dinas Moninfo Halbar Chuzaemah Jauhar menuturkan, bantuan melalui Badan Aksebilitasi Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) itu diprioritaskan untuk warga yang berada di areal yang jauh dari jangkauan signal operator seluler (Blank Spot).

“Sesuai perencanaan 8 unit Tower itu akan dibangun di desa desa yang masuk Blank Spot
sedangkan 16 titik Layanan Akses Internet akan di tempatkan di kantor Kecamatan dan
Puskesmas untuk memudahkan pelayanan masyarakat,” ucapnya.

Bantuan dari Kominfo itu diterima setelah adanya usulan dari Bupati ke Kominfo melalui BAKTI dalam rangka mengurangi kesenjangan digital di daerah. “Sebab di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) khususnya, secara ekonomi sulit berkomunikasi melalui Jaringan seluler dan penetrasi internet oleh penyelenggara telekomunikasi komersial, untuk itu diharapkan program ini dapat membantu masyarakat,”ujarnya.

Bantuan yang di peroleh Pemkab Halbar di tahun 2019 ini merupakan bantuan tambahan dari yang sebelumnya diberikan Kemenkominfo pada 2018 lalu berupa 10 unit Tower BTS USO dan 2 unit titik Layanan Akses Internet/Wifi.(tr4/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *