HalutPeristiwa

Kapal Ikan Terbakar di Laut Tobelo

×

Kapal Ikan Terbakar di Laut Tobelo

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI: Kapal Terbakar

HARIANHALMAHERA.COM –- Musibah tak henti-hentinya menimpa kapal ikan KM Inka Mina. Kali ini, giliran KM Inka Mina 779 yang mengalami nasib naas. Kapal dengan 12 anak buah kapal (ABK) itu, Senin dini hari, (30/9) terbakar di perairan Tobelo, Halmahera Utara (Halut).

Beruntung, 12 ABK berhasil selamat. “Sebanyak 12 ABK berhasil dievakuasi sekitar pukul 03.40 WIT dalam kondisi selamat,” kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah kepada harianhalmahera.com.

Dijelaskan, persitiwa ini diketahui setelah Basarnas Ternate Pos SAR Tobelo menerima laporan dari Petugas KPLP Tobelo bahwa kapal itu terbakar sekitar Pukul 00.38.

Tim Rescue Pos SAR Tobelo langsung menuju ke lokasi dengan menggunakan 3 unit RIB (rigid inflatable boat) membantu evakuasi para korban ke KM Inkamina 519 yang telah berada di lokasi kejadian.

KM Inkamina 779 berlayar dari spot memancing di perairan Loloda menuju Tobelo dan pada pukul 23.15 WIT, kapal berada kurang lebih 9Nm arah Utara Rarangane Tobelo, mengalami kebakaran dan terakhir terlihat terbawa arus hingga ke Galela.

Setelah selesi evakuasi, Tim SAR bergerak menuju ke pelabuhan Perikanan Tobelo dan selanjutnya menyerahkan ke 12 ABK kepada pihak keluarga.

Sementara 12 ABK yang berhasil dievakuasi yakni nakhoda Iwan Silakan (42), Kader Adam (43), Zakaria Astur (43), Zulfikar Kadir (19), Musrin Gobel (57), masinis. Kemudian Risnadi (34), Alaudin (62), Karman (34), Alfian (20), Nanang (40), Joni (45) dan Jainudin (53). (lfa/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *