Pj Sekprov: Peran BSMI Sangat Diharapkan

0
74
Penyerahan Bendera BSMI dari pengurus BSMI Malut ke Pj Sekprov Malut usai pelantikan pengurus Sabtu akhir pekan lalu

HARIANHALMAHERA.COM– Selain Palang Merah Indonesia (PMI), Maluku Utara (Malut) juga resmi punya lembaga yang serupa yakni Bulan Sabit Merah (BSM).

Sabtu akhir pekan lalu, bertempat di kediaman dinas Gubernur Kelurahan Kalumpang, Kota Ternate, Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) melalui Pj Sekprov Bambang Hermawan melantik sejumlah pengurus BSMI yakni Kota Ternate, Halmahera Barat dan Halmahera Selatan

Sebagai organisasi yang bergerak dibidang kemanusiaan, atau yang dikenal dengan perhimpunan masyarakat penolong, meski di Indonesia berdiirnya BSM belum begitu lama, tetapi sudah memiliki peran dan gagasan baru dan bahkan aktif di dunia internasional.

“Dengan adanya pelantikan pengurus ini merupakan awal BSMI menjalankan misi kemanusian di daerah ini,” ungkapnya.

Dikatakan, tugas kemanusian ini senantiasa akan menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen yang ada. Baik BSMI, pemerintahan, lembaga pemerintah/lembaga non pemerintah serta masyarakat secara keseluruhan.

“Dalam kegiatannya nanti, saya harapkan BSMI selalu berusaha untuk bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab, profesional serta senantiasa ikhlas membantu dengan mengharapkan ridha Allah SWT,” pintanya.

Dia berharap, kehadiran BSMI ini dapat dirasakan seluruh elemen masyarakat terutama masyarakat yang membutuhkan.  Sebab, masyarakat berharap peran BMSI melalui bakti konkritnya.

“Karena itu bekerjalah sesuai dengan tanggung jawab yang diembannya serta profesional dalam keterampilan dan keahlian yang memenuhi standar gerakan kemanusiaan dalam setiap aksi kemanusiaannya,” pinta Sekprov.

Sementara, Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) BSMI,  Muhammad Djazuli Ambari mengatakan kehadiran organisasi yang berdiri di Indonesia sejak 2002 itu kerena kecintaan terhadap sesama manusia, dengan membawah misi kemanusiaan dan perdamaian. “Alhamdulillah sampai saat ini, sebanyak 24 Provinsi di Indonesia yang telah melakukan kegiatan BSMI. Harapan kami, BSMI Malut dapat bersinergi dengan Pemprov dan Kabupaten/Kota. Tunjukan profesionalitas, kapasitas dan kapabilitas untuk kemanusiaan dengan mengharapakan ridha Tuhan yang Maha Esa,” ucapnya.

Sekadar diketahui, pelantikan pengurus  BSMI Malut dengan Ketua Dwi Handoko itu mengangkat AGK sebagai Ketua Dewan Penasehat Daerah (DPD). Ini sesuai dengan SK DPN BSMI dengan nomor: 019/D/SEK/DPN-BSMI/Kpts-Prov/IX/2019. tentang Pembentukan Susunan Dewan Pengurus BSMI Provinsi Malut. (adv/tr3/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here