AdvertorialTernate

Ekonomi di Moti Mulai Bergeliat

×

Ekonomi di Moti Mulai Bergeliat

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Burhan Abdurahman memberikan sambutan pada persemian operasional Pasar Rakyat di Moti kemarin

HARIANHALMAHERA.COM–Aktivitas perekonomian di Kecamatan Pulau Moti mulai bergeliat. Ini menyusul dengan beroperasinya pasar rakyat yang kemarin diresmikan Wali kota Burhan Abdurahman.

Kehadiran pusat perdagangan yang dibangun di areal pelabuhan Moti Kota itu rupanya sangat dibutuhkan warga. Buktinya, baru saja diresmikan, warga pun sudah mulai berjualan.

Wali Kota menuturkan, hadirnya pasar ini akan memberikan dampak ekonomi masyarakat.
Hasil tani yang selama ini dibawa ke Ternate yang membutuhkan oprasional yang besar,
dengan adanya pasar ini, bias langsung dijual.

“Pasar ini bangunannya telah diresmikan beberapa waktu lalu, hari ini diresmikan
pengoprasiannya. Artinya, sudah ada satu langkah maju. Diharapkan akan terus beroprasi
sehingga mampu menjawab kebutuhan masyarakat,” terangnya.

Menurutnya, Moti memiliki potensi pertanian yang cukup menjanjikan. Karena itu, perlu ada keunggulan yang harus diciptakan dibidang pertanian. Termasuk menggalakan kembali
tanaman bawang merah yang dulu pernah dilakukan petani di Moti. “Saya minta pak camat dan lurah tanaman bawang itu digarap kembali. Pedomani aturan, untuk menggunakan dana kelurahan yang diberikan,”pintanya.

Menurnya, masyarakat Ternate adalah masyarakat konsumtif, akibat lahan yang terbatas hasil petani tidak mampu menjawab kebutuhan masyarakat terutama kebutahan barito (bawang rica tomat), bahkan suplay dari kabupaten kota lain juga tidak mampu, akibat lemahnya pemberdayaan.

Padahal, dari sisi lahan cukup tersedia. “Karena itu, dengan adanya pasar ini, perlu adanya
pengembangan sektor pertanian. Selain dijual di pasar ini, juga bisa dibawa ke Ternate. Minimal bisa menutupi 10 sampai 20 persen kebutuhan,” tambahnya.

Untuk menggairahkan pasar rakyat Moti ini, dia menyarankan perlu dibuat event meskipun
dengan skala yang kecil. Sehingga memperkenalkan masyarakat diluar Moti Kota, agar mereka tahu bahwa dipasar ini apa saja yang tersedia. “Juga ada Bank BPRS, ini bisa dimanfaatkan sebagai mitra bisnis guna keperluan permodalan bagi pedagang,”pungkasnya.

Usai mersemikan pasar, Wali Kota yang didampingi Kadisperindag Nuryadin Rachman itu juga menyerahkan 40 unit coolbox dari Disperindag untuk nelayan Turut hadir dalam acara pengresmian pasar ini kepala BKSDM Junus Yau, kadis Perhubungan Faruq Albaar, Kabag Humas Saiful Arsad, Dandim 1501 Ternate Kolonel (Inf) Mahfud Gozali, camat Moti dan para lura se- Moti. (pn/lfa/pur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *