Pimpinan DPR RI Sudah lebih Dulu Inreyen Mobil Baru

0
32
ilus mobil baru

HARIANHALMAHERA.COM–Pejabat baru fasilitas pun baru. Itulah yang tergambar saat ini. Mulai Presiden, jajaran menteri, hingga pimpinan DPR RI, mendapatkan fasilitas mobil baru.

Berdasarkan pernyataan Kementerian Sekretariat Negara, Pemerintah melakukan pengadaan sebanyak 101 unit kendaraan jenis Toyota Crown 2.5 HV G Executive Hybrid yang akan dipakai pejabat setingkat menteri, Ketua/Wakil Ketua MPR, DPR, dan DPD. Anggarannya pembelian kendaraan dinas mencapai Rp147 miliar.

Sekretaris Menteri Sekretaris Negara (Sesmensesneg) Setya Utama kepada wartawan, Selasa (29/10), mengatakan mobil siap digunakan oleh para menteri dan pejabat setingkat menteri pada pertengahan November 2019 mendatang.

“Mobil baru tersebut sudah tiba di Indonesia dan sedang tahap pengecekan dan penyelesaian administrasi. Kemungkinan (serah terima) pertengahan November, agar bisa bersamaan menyerahkannya,” jelas Setya, dilansir republika.co.id.

Setya sendiri tidak mempermasalahkan bila ada menteri yang memilih menggunakan mobil pribadinya ketimbang mobil dinas. Meski begitu ia menyarankan para menteri dan pejabat setingkat menteri untuk tetap memanfaatkan hak mereka dalam penggunaan mobil dinas.

“Untuk acara kenegaraan sebaiknya mereka pakai, untuk memudahkan akses, dikenali oleh petugas kemanan,” katanya, sembari menambahkan mobil baru yang akan dikendarai Presiden Jokowi baru selesai produksi akhir Desember dan tiba di Indonesia pada Januari tahun depan.

Di sisi lain, pimpinan DPR RI ternyata sudah mulai menjajal mobil dinas baru tersebut.  Ada 19 mobil yang diperuntukkan bagi lima pimpinan DPR, sepuluh pimpinan MPR dan empat pimpinan DPD. Mobil itu menggantikan Crown Royal Saloon yang dipakai pejabat negara sejak 2009.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, pada Selasa (29/10) siang, ada sebelas mobil yang tampak terparkir. “Sisanya mungkin dipakai,” kata seorang petugas keamanan.

Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsuddin mengaku sudah menjajal mobil baru berteknologi Hybrid tersebut. “Ya namanya mobil dipakai aja ya kan. Yang penting ada AC, kan gitu,” gurau Politikus Golkar itu menceritakan penggunaan mobil baru tersebut.

Ia juga menyebut, beberapa mobil sudah dipakai. Terlihat dari jumlah yang terpakir hanya 11 unit. Aziz mengungkapkan, mobil – mobil tersebut sudah diantar ke Kompleks Parlemen sejak Minggu (27/10).

Aziz pun menyatakan, akan memakai fasilitas yang diberikan oleh negara tersebut untuk tugas-tugasnya sebagai wakil ketua DPR RI Koordinator Politik dan Keamanan itu.

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Syarief Hasan juga sudah menjajal mobil dinas terbarunya. Namun, ia mengaku tak begitu terkesan dengan Mobil Hybrid yang didistribusikan Toyota Astra Motor (TAM) Internasional itu.

“Saya cobain, biasa aja, mobil saya lebih bagus dari ini. Saya pikir biasa, standar ya, menurut saya sih ya biasa aja,” ujar Wakil Ketua Umum Demokrat itu.(rep/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here