AdvertorialTernate

Ternate Raih Award Kota Sehat

×

Ternate Raih Award Kota Sehat

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Burhan Abdurrahman menerima penghargaan Kota Sehat dari Mendagri Tito Karnavian (19/11)

HARIANHALMAHERA.COM–Wali Kota Ternate Burhan Abdurahman kembali diundang menerima penghargaan dari pemerintah pusat. Kali ini orang nomor satu di Ternate itu menerima award sebagai Kota Sehat Swasti Saba Wistara yang ditetapkan Kementrian Kesehatan (Kemenkes).

Atas prestasi itu, Burhan yang didampingi Kadinkes Ternate dr Fatiha Suma dan Ketua forum Kota Sehat Ternate Bahram Hi Dayan pun menerima penghargaan yang diserahkan langsung Menteri Dalam Neger (Mendagri) Tito Karnavian di Sasana Bhakti Praja, Kantor Kemendagri, Selasa (19/11)

Burhan melalui Kepala Bagian (Kabag) Humas Setda Ternate, M Syaiful Arsyad mengatakan, penghargaan yang diraih ini, merupakan salah satu dari hasil dari kerja Pemkot dalam mewujudkan Ternate sebagai kota sehat.

Penghargaan ini kata dia, merupakan kerja keras semua pihak. Mulai dari aparatur pemerintah di tingkat Kelurahan, Kecamatan, Puskesmas, OPD. “Serta dukungan masyarakat, utamanya para kader Posyandu dan LSM di bidang kesehatan,” katanya.

Award ini diberikan karena dari hasil penilaian proses kolaborasi dan sinkronisasi antara program-program pemerintah dengan partisipasi masyarakat. “Tentunya ini tak lepas dari bimbingan di bawah kepemimpinan bapak Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman sehingga Ternate meraih penghargaan nasional Swasti Saba Wistara tahun ini,” ujarnya

Pembina Forum Kota Sehat Ternate, M Tauhid Soleman (MTS), menambahkan penghargaan ini menandakan  sebuah langkah maju Kota Ternate terkait dengan menata wajah kota.

Meski begitu, Sekkot mengatakan perjuangan yang sesungguhnya adalah bagaimana mempertahankan prestasi atas penghargaan yang diraih tersebut. “Yang terberat itu mempertahankannya,” ucapnya.

Dijelaskan dari enam tatanan yang dinilai untuk meraih Swasti Saba Wistara telah dipandang memenuhi syarat penilaian. Keenam tatanan tersebut yakni kawasan pemukiman, sarana dan prasarana sehat, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat.

“Atas nama pemerintah menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat selama ini, sehingga Ternate masuk dalam kategori Kota Sehat Swasti Saba Wistara,” pungkasnya. (pn/lfa/pur).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *