Kesehatan

Benarkah Mandi Air Dingin Menyehatkan?

×

Benarkah Mandi Air Dingin Menyehatkan?

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI mandi saat malam hari. (foto: hellosehat.com)

HARIANHALMAHERA.COM–SUDAH lama menjadi mitos yang banyak didengungkan, bahwa mandi air dingin adalah metode mandi yang paling sehat. Sebaliknya, mandi air hangat memiliki beberapa risiko yang dapat menyerang tubuh. Benarkah?

Laporan The Verge via merdeka.com ternyata sudah mengumpulkan beberapa jurnal kesehatan terkait hal tersebut, dalam studi yang dipublikasikan di PLos One soal mandi air dingin dan dampaknya untuk kesehatan dan pekerjaan.

Disebutkan bahwa mereka yang mandi air dingin 29 persen lebih rendah beresiko sakit. Secara keseluruhan, mereka juga jarang merasa sakit. Studi ini pun cukup akurat, di mana ada 3.000 partisipan yang tidak terbiasa mandi air dingin, yang dibagi untuk mandi air dingin dan tetap mandi air panas di rentang waktu yang cukup lama.

Selain itu, studi ini dilaksanakan di Belanda pada bulan Januari, sehingga keadaan sedang sangat dingin. Dalam temuan di studi ini pun, sebenarnya para pelaku mandi air dingin juga tetap jatuh sakit. Perbedaannya, mereka tetap kuat untuk pergi bekerja atau beraktivitas.

Akhirnya para peneliti berkesimpulan secara sederhana, tak ada perbedaan berarti antara mandi air dingin atau pun air hangat, dan mandi air dingin tak membuat kita lebih sehat. Perbedaan paling signifikan hanya mandi air dingin akan membuat kita lebih kuat untuk tetap beraktivitas.(mdc/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *