Kesehatan

Kehujanan Bisa Bikin Sakit?

×

Kehujanan Bisa Bikin Sakit?

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI orang-orang menghindari kehujanan. (foto: phinemo.com)

HARIANHALMAHERA.COM–MUSIM hujan sering disebut dengan datangnya musim penyakit. Anggapan itu dipercaya sampai saat ini. Jika kehujanan tubuh menjadi tidak enak rasanya atau kita sering menyebutnya masuk angin. Benarkah kehujanan bisa bikin sakit?

Menurut praktisi kesehatan dr Dewi Ema Anindia itu hanyalah mitos belaka. Bukan kehujanan yang membuat seseorang sakit, namun daya tahan tubuhnya lah yang tengah melemah. “Ketika daya tahan tubuh lemah, maka tubuh akan mudah terserang virus atau bakteri sehingga menyebabkan beberapa penyakit, seperti influenza,” ujarnya dikutip dari detik.com.

Selain daya tahan tubuh, faktor perbedaan tekanan udara yang terjadi saat hujan pun dapat menyebabkan nyeri kepala. Inilah mengapa setelah kehujanan sakit kepala pun datang menyerang. Agar tidak sakit setelah kehujanan, dr Ema, sapaan akrabnya, menyarankan untuk segera mandi dan beristirahat yang cukup.

“Segera ganti baju yang basah menjadi kering, mandi dengan air bersih, konsumsi air putih yang cukup, minum vitamin, dan istirahat yang cukup,” anjurnya.(dtc/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *