FootballOlahraga

Inter Milan vs Napoli: Nostalgia Ringhio Bisa Berantakan

×

Inter Milan vs Napoli: Nostalgia Ringhio Bisa Berantakan

Sebarkan artikel ini
EMOSIONAL: Ekspresi Gennaro Gattuso saat timnya Napoli menjamu US Lecce di Stadio San Paolo (9/2) FOTO GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM- Gennaro Gattuso ”pulang” ke stadion yang paling bersejarah dalam karir profesionalnya dini hari nanti (13/2). San Siro atau Giuseppe Meazza. Namanya sebagai pemain sekaligus allenatore Serie A kali pertama memang kondang di stadion yang menjadi kandang Inter Milan dan AC Milan tersebut.
Untuk kali pertama setelah dua bulan mengarsiteki Napoli, Ringhio –julukan Gennaro Gattuso– kembali ke sana untuk menghadapi Inter dalam first leg semifinal Coppa Italia (siaran langsung TVRI Nasional/TVRI Sport HD/Usee Sports 2 pukul 04.45 WIT).
”Aku tak mau terjebak dalam momen emosional itu,” ucap Gattuso seperti dilansir laman Inter News. ”Tapi, aku juga punya momen tidak mengenakkan di sana (sebagai pelatih dan dalam situasi serupa, Red),” imbuh gelandang AC Milan periode 1999–2012 tersebut.
Ya, Gattuso pernah merasakan kesialan di semifinal Coppa Italia musim lalu, kala menjadi allenatore AC Milan. Sukses menahan Lazio 0-0 di Stadio Olimpico dalam first leg, AC Milan malah dipermalukan 0-1 dalam second leg di San Siro oleh gol Joaquin Correa pada menit ke-58.
Bayangan sedih itu pun bisa menghantui Ringhio kali ini. Terlebih, pria yang berusia 42 tahun tersebut pernah dipermalukan Inter 1-3 di San Paolo dalam giornata ke-18 Serie A pada 7 Januari lalu.
Sebagai pelatih, Gattuso pernah menjalani 43 laga di San Siro dalam berbagai ajang. Dia memenangi 58,1 persen di antaranya (25 laga) serta masing-masing 9 laga sisanya berakhir seri dan kalah. Gagal mendulang victory ke-26 di San Siro juga berdampak fatal bagi Gattuso. Calciomercato mengklaim kontrak mantan pelatih Palermo dan FC Sion itu tidak akan diperpanjang pada akhir musim ini, setelah kalah 2-3 oleh Lecce di San Paolo akhir pekan lalu atau pada giornata ke-23 Serie A (9/2).
Presiden Napoli Aurelio De Laurentiis (ADL) disebut tak puas dengan rapor 5 kekalahan dari 10 laga pertama Gattuso bersama Napoli. Untuk musim depan, nama-nama seperti Ivan Juric, Gian Piero Gasperini, atau Luciano Spalletti dirumorkan siap berebut kursi yang kini diduduki Gattuso.
Selain Gattuso, winger Napoli Matteo Politano juga akan kembali ke Inter setelah dipinjamkan dua pekan lalu. Saat diwawancarai Radio Kiss Kiss Napoli, Politano mengatakan ingin membuktikan bahwa dirinya tidak layak tersingkir dari skuad Inter. ”Akan jadi malam yang menyenangkan bagiku. Di sana, aku punya banyak teman,” ungkap Politano. ”Tapi, aku kembali ke sana dengan tujuan mencapai final (Coppa Italia, Red),” tandas pemain 26 tahun itu.
Politano sebenarnya menjalani musim pertama di Inter dengan indah. Musim lalu, dengan status pinjaman dari Sassuolo, dia menjalani laga terbanyak untuk pemain outfield (48 laga) dan berkontribusi 6 gol. Statusnya pun kemudian dipermanenkan oleh Inter.
Namun, seiring kedatangan allenatore Antonio Conte dengan taktik 3-5-2 alias tidak mengakomodasi posisi winger, Politano pun terpinggirkan. Ditambah, dia juga tidak kompetitif saat dimainkan sebagai second striker.
Yang unik, Politano sejatinya hampir diresmikan sebagai pemain AS Roma di bursa transfer musim dingin bulan lalu. Dia masuk paket tukar-pinjam dengan bek kiri AS Roma Leonardo Spinazzola. Tetapi, seiring kondisi kesehatan Spinazzola dianggap bermasalah oleh Inter, kesepakatan tersebut urung terealisasi. (jpc/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *