EdukasiZona Sekolah

Pendidikan Harus Ikuti Perkembangan Zaman

×

Pendidikan Harus Ikuti Perkembangan Zaman

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI belajar kelompok di rumah. (foto: net)

HARIANHALMAHERA.COM–Pendidikan memiliki peran penting dalam membangun peradaban suatu bangsa. Karena itu menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Naim, pendidikan layaknya mengikuti perkembangan zaman.

Menurutnya, pendidikan tinggi mempunyai peran yang sangat besar untuk membangun watak dan peradaban bangsa. Bangsa yang beradab akan terlihat dari kontribusinya dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bersikap inovatif, responsif, kreatif serta berdaya saing global.

“Ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang sejatinya tetap memperhatikan nilai-nilai humaniora,” ujarnya, saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Rektor, Pejabat Tinggi Pratama, Administrator, Pengawas, dan Fungsional di kantor Kemendikbud, Jakarta, akhir Januari lalu, dilansir Republika.co.id.

Dunia pendidikan, lanjut Ainun, harus mengikuti perkembangan zaman dan memperhatikan peradaban manusia. Oleh karena itu, Kemendikbud bertanggung jawab menyelaraskan ekosistem pendidikan agar manusia leluasa untuk berkreasi dan berinovasi

“Kebijakan-kebijakan di bidang pendidikan yang digulirkan haruslah memberikan kebebasan kepada para insan pendidikan untuk berkreasi, berinovasi dan berpartisipasi aktif memajukan pendidikan,” kata Ainun.

Sejalan dengan Kebijakan Kampus Merdeka, perguruan tinggi diberi keleluasaan kepada untuk bergerak, berinovasi dan maju mengikuti perkembangan zaman. Menurut Ainun, kebebasan yang terarah, bertanggung jawab dan bermanfaat luas bagi bangsa dan negara hendaknya mampu direalisasikan oleh pimpinan perguruan tinggi.

Ia pun mengajak agar seluruh pemangku kebijakan untuk saling mendukung, dan menguatkan. “Agar dapat mengemban amanat mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi generasi unggul yang berbudi pekerti luhur,” kata dia lagi.(rep/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *