Halbar

Tahun Ini, Dana Desa Halbar Hanya Naik Rp 4 Miliar

×

Tahun Ini, Dana Desa Halbar Hanya Naik Rp 4 Miliar

Sebarkan artikel ini
Salah satu proyek yang dibangun dengan dana desa (DD) oleh salah satu Pemdes di Halbar. FOTO ZONAMALUT

HARIANHALMAHERA.COM – Meski ada penambahan, namun, prosentase kenaikan alokasi Dana Desa (DD) yang dikucurkan pemerintah pusat di Halbar di tahun ini tidak begitu signifikan. Dimana, total DD yang diterima tahun ini sebesar Rp 134 miliar lebih.
Jika dibandingkan tahun lalu, maka kenaikan DD tahun ini sebesar Rp 4 Miliar. Angka ini jika dibagikan ke desa-desa yang ada di Halbar yang mencapai 100 lebih, maka DD setiap desa mengalami penambahan sekitar Rp 40 juta. “Kenaikan tidak terlalu siginifikan hanya bertambah berkisar empat milliar lebih,sementara juga belum ditransfer pusat “terang Kabid Pemdes DPMD Nurhayati.
Dijelaskan, DD ditahun ini lebih difokuskan dibidang pemberdayaan dan pembanguan, namun tentunya juga disesuaikan dengan hasil musyawarah ditingkat desa.
Dimana,untuk tahap pertama tentunya disesuaikan dengan progres masing-masing desa setelah melalui tahapan verifikasi. “Untuk tahun kemarin sudah tuntas secara keseluruhan,” tambahnya.
Disentil soal DD untuk enam desa di Kecamatan Jailolo Timur pasca terbitnya Petmendagri 60/2019 yang memutuskan empat desa masuk wilayah Halbar, dijelaskan desa-desa itu pada tahun ini belum mendapatkan DD karena belum ada kode desa yang diterbitkan oleh pemerintah pusat. “Kode desa sementara kita maish menunggu,” ucapnya.(tr4/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *