Halteng

Desa Bobene Indah Deklarasi ODF

×

Desa Bobene Indah Deklarasi ODF

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI kampanye stop buang air besar sembarangan. (foto: detik.com)

HARIANHALMAHERA.COM— Desa Bobane Indah Kecamatan Patani Barat berkerja sama dengan UPTD Puskesmas Rawat Inap Banemo, mengelar Deklarasi Desa ODF (Open Defication Free). Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Desa Bobane Indah, Rabu (11/03).

Kepala UPTD Puskesmas Banemo Rusman Djafar SKM mengatakan, kegiatan ODF atau biasa dikenal dengan sebutan Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS), merupakan satu keharusan yang tidak lagi dilakukan oleh masyarakat.

Pasalnya, banyak kasus-kasus penyakit meyebarkan kepada masyarakat, akibat dari tidak ada kesadaran masyarakat terkait dengan SBS tersebut.

“Hal ini dilihat dari araknya kasus stunting (anak kerdil), maupun penyakit tidak menular memerlukan penanganan khusus. Maka, pembangunan kesehatan dilakukan dengan meningkatkan upaya promotif preventif, salah satunya melalui pendekatan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat),” ujarnya.

Dijelaskan, sebelum pelaksanaan deklarasi telah dilaksanakan pemicuan STBM, monitoring dan verifikasi desa ODF oleh Petugas Sanitarian UPTD Puskesmas Banemo bersama tim verifikasi ODF yang telah dibentuk.

“Kegiatan tersebut diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat, terkait dengan pentingnya dampak (SBS) yang bakal menular nanti,”harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Bobane Indah, Yusri Yusup menyatakan, berdasarkan survei dari Petugas Kesehatan Lingkungan UPTD Puskesmas Banemo, bahwa Desa Bobane Indah dari jumlah 180-an Rumah semuanya telah akses jamban.

Di awal tahun 2020 ini, lanjutnya, tepatnya pada hari ini (kemarin, red) ditelah dilaksanakannya deklarasi ODF atau Stop Buang Air Besar Sembarangan untuk membentuk komitmen masyarakat, terutama yang tinggal di sebelah pesisir.

“Karena jika masih ada buang air besar sembarang, seperti dipantai bisa mengganggu estetika lingkungan,” Yusri.

Terpisah Camat Patani Barat Nurhaimi N. Wahab menyampaikan, kegiatan melibatkan seluruh komponen masyarakat Desa Bobane Indah. Termasuk Tenaga Nusantara Sehat Kemenkes yang ditempatkan di Puskesmas Banemo.

“Saya sangat bersyukur sekali karena Desa Banemo telah melaksanakan Deklarasi ODF. Kini diikuti Desa Bobane Indah. Mudah-mudahan ke depan desa-desa yang ada di kecamatan Patani Barat ini semuanya sudah termasuk desa ODF,” pungkasnya.(fir)

Kontributor: Irwan Muhammad

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *