FootballOlahraga

Satu Leg Bisa Jadi Solusi

×

Satu Leg Bisa Jadi Solusi

Sebarkan artikel ini
TUNGGU KEPUTUSAN: Bek Damian Suarez (kiri) dan striker Jaime Mata belum tahu kapan laga klub mereka, Getafe, kontra Inter Milan di Liga Europa digelar. GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM – UEFA memang baru membahas kejelasan kompetisi antarklub Eropa, Liga Champions dan Liga Europa, pada pertemuan Selasa nanti (17/3).

Nah, kemarin (12/3) solusi lumayan rasional datang dari Direktur Umum Getafe Clemente Villaverde. Dia mengusulkan untuk mengganti dua leg pertandingan (kandang-tandang) di fase knockout menjadi hanya satu leg di tempat netral.

Hal itu merujuk pada first leg 16 besar Liga Europa antara Inter Milan dan Getafe yang ditunda. Laga di Stadio Giuseppe Meazza itu semestinya berlangsung dini hari tadi (13/3). Tetapi, pemain Getafe ogah terbang ke Milan lantaran menganggap kota tersebut sebagai pusat persebaran korona di Italia.

Baca Juga: Sepak Bola Eropa Lumpuh

Seiring La Liga juga menunda kompetisi seperti Serie A, jadwal pengganti Inter versus Getafe minimal baru bisa dilangsungkan setelah dua pekan ke depan. ’’Solusinya adalah memainkan laga di kota-kota yang tidak bermasalah (terjangkit Covid-19, Red) dan kita harus menemukannya,’’ kata Villaverde sebagaimana dilansir AS.

Usul Villaverde dianggap bisa meminimalkan risiko Inter dan AS Roma ’’hilang’’ dari Liga Europa. Sebab, seperti diklaim Il Messaggero, UEFA sempat ’’meminta’’ kedua tim mengundurkan diri sehingga Liga Europa bisa berjalan sesuai dengan jadwal.

Jika diterima UEFA, usul Villaverde bisa dipakai di Liga Champions. Sisi positifnya adalah memangkas waktu perhelatan kompetisi yang telanjur molor karena penundaan.

Musim ini La Liga nyaris menjajal skema serupa. Yakni, memainkan beberapa jornada di luar Spanyol. Amerika Serikat menjadi pilihannya. Namun, rencana itu ditolak RFEF (PSSI-nya Spanyol) dan FIFA. (jpc/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *