FootballOlahraga

Dimulai Juni, Sepekan Dua Giornata

×

Dimulai Juni, Sepekan Dua Giornata

Sebarkan artikel ini
SEMPAT IKUT PESTA: Daniele Rugani berlatih di Juventus Training Center (10/3) GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM Eredivisie benar-benar jadi pionir. Setelah diumumkan bakal dilanjutkan per 19 Juni nanti, langkah itu sangat mungkin ditiru liga lain. Berdasar laporan La Gazzetta dello Sport, Serie A sangat mungkin bakal mengadopsi langkah yang diambil Eredivisie.

Setidaknya, ada tiga wacana tanggal yang bisa jadi pertimbangan untuk mufakat antara Lega Serie A dan FIGC (federasi sepak bola Italia) untuk memulai lagi kompetisi. Yakni, 24 Mei, 31 Mei, dan 7 Juni. Opsi terakhir dinilai paling realistis.

Ada beberapa faktor yang menguatkan asumsi bahwa opsi Serie A kembali digulirkan pada 7 Juni adalah yang paling ideal. Bulan ini difokuskan untuk menyembuhkan semua pemain yang positif Covid-19. Ada beberapa pemain yang belum pulih 100 persen. Beberapa di antaranya adalah trio Juventus bek tengah Daniele Rugani, gelandang Blaise Matuidi, dan striker Paulo Dybala.

Lantas, bulan depan difokuskan untuk pengembalian kondisi fisik dan psikis para pemain. Itu dimulai dengan semua tim serempak memulai latihan bersama. Memang, selama pandemi Covid-19, para pemain berlatih di rumah masing-masing. Tetapi, itu dinilai tidak maksimal menjaga shape ideal mereka seperti sebelum pandemi Covid-19 merebak.

Baca Juga: Bundesliga Paling Cepat

’’Kesehatan adalah segalanya. Para pemain setidaknya membutuhkan waktu 3–4 pekan latihan intensif sebelum kembali berlaga,’’ ucap allenatore Fiorentina Beppe Iachini kepada La Gazzetta dello Sport.

Nah, jika tanggal 7 Juni nanti benar-benar jadi keputusan final, musim harus selesai maksimal pada pertengahan Juli. Atau setidaknya tuntas dalam tujuh pekan. Itu bakal bertentangan dengan komentar Presiden FIGC Gabriele Gravina yang menyatakan bahwa Serie A bakal kembali per 20 Mei.

Artinya, dengan giornata yang saat ini terhenti di angka 26, akan ada 12 giornata tersisa. Jika tujuh pekan adalah deadline maksimal untuk merampungkan kompetisi musim ini, setiap pekan bisa ada dua giornata yang dilangsungkan.

Apalagi, FIFA juga bakal memfasilitasi gagasan untuk memperpanjang kontrak pemain yang habis per 1 Juli 2020. Artinya, klub masih bisa menggunakan jasa semua pemain hingga musim ini berakhir tanpa harus memusingkan perpanjangan kontrak mereka saat ini.(jpc/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *