Dinsos: PKH Bermasalah Itu Tanggungjawab Pengelola

0
464
Ilustrasi (Foto Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Keluhan sejumlah peserta program keluarga harapan (PKH) terkait pemberian bantuan tersebut tidak sesuai, ternyata belum diketahui Dinas Sosial (Dinsos) Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara (Halut), selaku pengontrol program. Dinsos juga belum ambil sikap untuk selesaikan masalah itu.

Kepala Dinsos Halut, Hendyani N. Hoata, mengatakan, instansinya belum mendapatkan kabar adanya keluhan masyarakat penerima PKH. Karena sistem penyaluran bantuan kali ini langsung dari pusat ke penerima, yang dikawal oleh PKH.

“Saya baru tahu ini. Karena setahu saya, penyaluran PKH kali ini sistem online. Jadi kami di Dinsos tidak tahu, yang lebih tahu itu pengelolanya, yaitu koordinator PKH Halut,” katanya, Jumat (24/4) kemarin.

Ditambahkan Hendyani, yang bertanggung jawab penuh adalah para pengelola PKH, baik di tingkat kabupaten hingga tingkat kecamatan. “Karena kondisi dihadapi saat ini adalah pandemi Covid-19, sehingga semua urusan PKH maupun BLH disalurkan langsung. Dinsos hanya evaluasi setelah semua tersalur,” jelasnya.

Meski begitu, kata dia, dalam waktu dekat akan mengundang pengelola PKH untuk mencari tahu masalah tersebut. “Nanti kami akan evaluasi masalah ini,” ujarnya singkat. (dit/Kho)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here