HalutMaluku UtaraTernateTidore Kepulauan

Dua Hari Muncul 7 Kasus Positif Covid

×

Dua Hari Muncul 7 Kasus Positif Covid

Sebarkan artikel ini
dr Alwia Assegaf (foto: RRI)

HARIANHALMAHERA.COM – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Maluku Utara (Malut) kian mendekati angka 100. Data yang dilansir gugus tugas (gustu) Covid-19 Malut, per Minggu (17/5), jumlahnya mencapai 92 kasus.

Ini setelah dalam dua hari terakhir, ditemukan tujuh kasus postifi baru. Dimana, tiga kasus ditemukan pada Sabtu (16/5) dan empat kasus  pada Minggu (17/5).

Tiga kasus postifi baru yang ditemukan Sabtu pekan lalu itu, salah satu diantaranya adalah MA, mantan Pj Wali Kota Tidore Kepulauan (Tikep) yang meninggal hari itu juga. Sedangkan dua pasien lainnya dari Kota Ternate, masing-masing AR warga Kelurahan Tanah Tinggi dan seorang perempuan berusia 32 tahun warga Kelurahan Jati.

Sedangkan empat pasien yang terkonfirmasi positif pada Minggu (17/5) masing-masing dua warga Ternate dan dua lainnya adalah warga Halmahera Utara (Halut). Temuan ini berdasarkan hasil pemeriksaan tes cepat molekuler (TCM) di RSUD Chasan Boesoirie (CB) untuk 13 spesimen. Dimana sembilan spesimen dinyatakan negatif.  “Sehingga keempat pasien ini disebut pasien 89, 90, 91 dan 92,” ucap Juru Bicara (jubir) Gugus Tugas Malut, dr. Alwia Assagaf sebagaimana yang dilansir antara.co.id

Pasien 89 misalnya, berinisial SL denga  usia 35 tahun asal Desa Rawajaya, Kecamatan Tobelo Halut. SL memiliki riwayat perjalanan dari Bogor, Jawa Barat (Jabar). Begitu juga dengan Pasien 90 berinisial SM yang juga sama-sama dari Halut. Sepeti SL, SM yang berjnsi kelamin laki-laki berusia 33 tahun warga dari Desa Upa, Kecamatan Tobelo itu juga sempat melakukan perjalanan dari Bogor.

Sementara dua pasien positif asal Ternate masing-masing DTM warga Ngidi kelurahan Gamyou, Kecamatan ternate tengah. Perempuan berusia 38 tahun awalnya berstatus orang tanpa gejala (OTG). “Yang terakhir pasien 92 berinisial SAJ berusia 51 tahun berdomisili di Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate Utara ini masuk kluster Akehuda,” ucap Alwia.

Tambahan empat kasus baru di Ternate ini membuat total kasus terkonfirmasi positif di Ternate saat ini mencapai 52 kasus. Sedangkan, Halut yang sebelumnya hanya mengoleksi 6 kasus postifi, dengan adanya dua kasus baru pada Minggu, bertambah menjadi delapan kasus. Begitu juga dengan tikep, tambahan satu kasus membuat daerah yang dinakhodai Cat Ali Ibrahim itu mengoleksi 13 Kasus positif.

Sedangkan Haltim sendiri masih tercatat satu Kasus, Sula empat kasus, Morotai tujuh kasus, Halsel dua kasus,  Halbar tuga kasus, dan Halteng dua kasus. “total pasien sembuh 12 orang,” sambung Alwia.

Alwia juga membeberkan jumlah pasien positif yang diisolasi di Ruang Isolasi RSUD CB Ternate saat ini sebanyak 19 orang dan di Sahid Hotel Ternate 38 orang. Sementara 19 orang lainnya diisolasi di kabupaten/kota masing-masing. Sedangkan jumlah OTG saat ini tercatat 773 orang, 121 orang dalam penagwasan (OPD) dan 17 orang pasien dalam pengawasan (PDP).(ant/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *