FootballOlahraga

Laporta Tebar Janji Manis

×

Laporta Tebar Janji Manis

Sebarkan artikel ini
Joan Laporta saat tampil dalam kampanye pemilihan presiden FC Barcelona. FOTO GETTY IMAGES

HARIANHALMAHERA.COM – Joan Laporta tidak pernah hilang kepercayaan terhadap Pep Guardiola. ’’Aku bersahabat dengannya (Pep). Kapan pun dia ingin kembali (ke FC Barcelona, Red), kami akan membahasnya,’’ ucap Laporta lima tahun silam.

Kala itu Laporta memang menjadikan nama Pep sebagai ’’jualan’’ kampanye dalam menghadapi pemilihan presiden baru Barca. Laporta pernah merasakan saat Pep membuat Barca di eranya, khususnya 2009–2010, bergelimang gelar.

Sayang, Pep tak mampu membantu Laporta yang harus mengakui keunggulan Josep Maria Bartomeu, presiden Barca yang masih bertahan sampai saat ini. Berharap bisa memulangkan Pep yang masih di Bayern Muenchen, Laporta hanya mampu meraup 33 persen suara. Jauh dari Bartomeu yang bermodal kesuksesan treble winners 2014–2015.

Menghadapi pemilihan presiden Barca tahun depan, Laporta pun kembali mengusung nama Sang Filsuf, julukan Pep. ’’Aku sangat ingin Pep kembali (ke Barca). Saat ini dia memang masih di (Manchester) City, tapi Pep punya pilihan,’’ katanya kepada stasiun televisi Catalan TV3 (12/5).

City terancam absen di kompetisi antarklub Eropa selama dua musim ke depan seandainya banding mereka ditolak CAS (Pengadilan Arbitrase Olahraga). Hal itu bisa membuat Pep berpikir untuk meninggalkan klub yang ditanganinya sejak musim panas 2016 tersebut. Apalagi, kontrak pelatih yang memenangkan 14 gelar selama menangani Barca (2008–2012) itu di City habis tahun depan dan Pep belum tertarik meneken ekstensi bersama The Citizens.

Dalam pemilihan presiden Barca yang ke-14 tahun depan, Laporta bersaing dengan Victor Font. Lawan Laporta itu cukup diperhitungkan karena mendapat dukungan dari mantan pemain Barca seperti Carles Puyol dan Gerard Lopez. Presiden Barca pada awal dekade 2000-an atau sebelum Laporta, Joan Gaspart, juga berada di pihak Font.

Baca Juga: Bisa Pensiun Bersama Klub Impian

Jika Laporta ingin membangkitkan romansa Barca di era Pep, Font lebih mengusung pembaruan dengan membidik Xavi Hernandez sebagai entrenador Barca setelah terpilih nanti. Xavi yang baru memulai karir kepelatihan musim ini bersama klub Qatar, Al Sadd, sejatinya sempat dilirik Bartemou sebagai pengganti Ernesto Valverde pada 13 Januari lalu. Tapi, Xavi menolak dengan alasan belum siap. Ada dugaan lain bahwa gelandang Barca periode 1998–2015 itu menolak karena membidik kursi pelatih Barca di awal musim depan bersama Font.

Selain Pep, Laporta berusaha mengambil keuntungan dari gencarnya rumor transfer Barca yang semakin dekat dengan striker Inter Milan Lautaro Martinez. Mundo Deportivo kemarin menyebutkan, Barca dan Lautaro sudah mencapai kesepakatan personal.

Il Toro –julukan Lautaro– dikontrak selama empat musim. Gaji striker 22 tahun asal Argentina itu pun diklaim mencapai EUR 10 juta (Rp 161,5 miliar) per musim. Naik lebih dari tujuh kali lipat daripada bayarannya di Inter saat ini atau sekitar EUR 1,5 juta (Rp 24,2 miliar).

Tinggal masalah fee Lautaro yang harus dituntaskan Barca. Kabarnya, klub asal Catalan itu siap membayar biaya transfer EUR 60 juta (Rp 970 miliar) plus dua pemain. Antara gelandang Arturo Vidal, bek kanan Nelson Semedo, atau bek kanan Emerson yang dimiliki secara bersama dengan Real Betis. Itu kompensasi dari Barca yang tak mampu memenuhi banderol Il Toro yang dipatok Inter, yakni mencapai EUR 100 juta (Rp 1,61 triliun).

Barcelonista tentu senang seandainya janji manis Laporta terealisasi. Sebab, Laporta memang punya reputasi menggelontorkan uang besar di bursa transfer. Khususnya mendatangkan striker kelas dunia sebagai penyokong sang superstar, Lionel Messi.

Misalnya, musim panas 2007 ketika Laporta mendatangkan Thierry Henry dari Arsenal senilai EUR 24 juta (Rp 387,9 miliar). Atau, ketika memboyong Zlatan Ibrahimovic dari Inter dengan banderol mencapai EUR 69,5 juta (Rp 1,12 triliun) pada musim panas terakhirnya sedekade silam (jpc/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *