HaltengMaluku UtaraPeristiwa

Puluhan TKA China di Malut Pulang Kampung

×

Puluhan TKA China di Malut Pulang Kampung

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI: Para TKA asal China ketika berada di Bandara Sultan Babullah untuk diterbangkan menuju kampung halamannya pada tahun 2020 lalu

HARIANHALMAHERA.COM – Setelah sempat tertunda kurang lebih empat jam karena harus mengurusi sejumlah dokumen persyaratan dari gugus tugas Covid-19 Malut, sebanyak 36 tenaga kerja asing (TKA) asal China akhirnya diterbangkan menuju Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, sore tadi sekitar pukul 18.00

Dengan menumpang pesawat Wings Air, puluhan TKA yang didatangkan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) beberapa waktu lalu itu akan kembali ke kampung halamannya di China.

Salah seorang supervisior PT Lion Grup Alfian H Loga mengatakan dari Dari Manado, 36 TKA asal China nantinya akan menuju Jakarta. Dan keseokan harinya mereka akan diterbangkan langsung ke China dengan menggunakan pesawat milik maskapai Lion Grup system carter flight. “Itu ada kerja sama Dubes China dengan Dubes Indonesia untuk mereka dipulangkan,” katanya.

Terpisah, Kepala Bandara Sultan Babullah Ternate, Anwar Hamid menegaskan, sesuai Edaran Menhub nomor 4 tahun 2020 tentang kriteria pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan SE nomor 32 tahun 2020 tentang petunjuk operasional transportasi udara dalam pelaksanaan pembatasan perjalanan orang dalam rangka percepatan penanganan covid-19, maka setiap penumpang yang akan berangkat harus melengkapi sejumlah persyaratan.

Salah satunya surat rekomendasi dari Gugus Tugas dan Surat Izin dari Perusahaan “Bukan cuman rapid test, tapi semua,” tegasnya.

Anwar mengakui, keterlambatan keberangkatan pesawat Wing Air yang sedianya sesuai jadwal pukul 14.30 molor hingga pukul 18.00 disebabkan pengurusan administrasi para TKA dan rapid test oleh pihak gugus.(lfa/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *