BisnisEdukasiTernate

Cara Unik Bersedekah ala Komunitas Kedai Halal di Ternate

×

Cara Unik Bersedekah ala Komunitas Kedai Halal di Ternate

Sebarkan artikel ini
Kedai Halal di Kota Ternate. Foto: Haerudin/Harian Halmahera

HARIANHALMAHERA.COM – Komunitas Kedai Halal, Kota Ternate, Maluku Utara, melakukan kegiatan yang cukup menarik untuk ditiru banyak orang. Sebab, kegiatan sedekah yang baru dibuka kemarin itu, mendapat respon positif dari banyak kalangan.

Rencanannya, sedekah ambil gratis ini juga akan dibuka di kelurahan yang warganya sudah ada positif Covid-19. Termasuk sejumlah kampus-kampus di Kota Ternate. Karena asarannya adalah mahasiswa yang tidak bisa pulang kampung.

Salah satunya ada di sekitar Tugu, Kelurahan Kalumata, Ternate Selatan. Tepatnya di kanan jalan dari arah utara. Dimana, pihak mengelola menyediakan makanan instan bagi yang membutuhkan. Tempat ini juga dibuka 24 jam. Bagi siapa yang datang ambil, tidak dibatasi.

Koordinator Kedai Halal, Rahma Rahmawati, saat ditemui di kediamannya mangatakan, konsep kedai tersebut baru dimulai kemarin. “Saat itu banyak warga yang respon positif. Jadi mereka sumbang beberapa bahan makanan yang ditaru di kantong plastik,” katanya.

Sejumlah bahan makanan yang disediakan di Kedai Halal. Semua dapat diambil secara gratis. Foto: Haerudin/Harian Halmahera

Barang yang disediakan, kata dia, berupa beras, telur, minyak goreng dan sebagainya. Semua disimpan ke dalam tas plastik transparan, agar mudah dilihat. “Jadi bukan makanan yang sudah masak, karena takutnya basi dan dimakan binatang,” ucapnya.

Menurut Rahmam, konsep kedai ini berangkat dari inisiatif komunitas, yang hasil dananya berasal dari sukarela anggota. “Tentu kami tidak ada kepentingan apa-apa. Kami hanya ingin membantu mereka yang membutuhkan,” ucapnya.

Dia berharap, dengan adanya kegiatan ini, semua bisa saling membantu antar sesame. “Tentu untuk meringankan beban saudara-saudara kita. Dan bagi yang rezekinya lebih dan ingin sumbang juga lebih bagus,” tuturnya.

“Boleh taruh sedekahmu, boleh ambil sedekah yang ini. Ingat saudaramu yang lain, ambil seperluhnya, taruh semampunya. Silahkan ambil gratis,” ucap Rahma, meniru tulisan yang terpampang pada baliho di Kedai Halal. (tr-6/Kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *