FootballOlahraga

Wajah Baru demi Titel Eropa

×

Wajah Baru demi Titel Eropa

Sebarkan artikel ini
BELUM MENYERAH: Allenatore SSC Napoli Gennaro Gattuso (kanan) menenangkan kapten tim Lorenzo Insigne setelah kekalahan melawan Atalanta BC dalam giornata ke-29 Serie A (3/7).

HARIANHALMAHERA.COM– Pepatah tua berbunyi, banyak jalan menuju Roma. Pun demikian bagi dua klub yang gagal lolos ke zona Liga Champions di Serie A musim ini. SSC Napoli dan AS Roma. Jalan merasakan atmosfer Liga Champions musim depan belum tertutup bagi mereka.

Sekalipun jalan yang harus dijalani tidak mudah. Partenopei –julukan SSC Napoli– maupun Il Lupi – sebutan AS Roma– harus memenangi ajang Eropa yang diikuti musim ini.

Partenopei masih berusaha lolos ke perempat final Liga Champions yang bisa jadi capaian terbaiknya di ajang tersebut. Begitu pula dengan Il Lupi yang masih bersaing di 16 besar Liga Europa.

Untuk Napoli, tantangan berat dihadapi Lorenzo Insigne dkk seiring lawan mereka adalah FC Barcelona. Memang, Barca sedang labil dan gagal mempertahankan gelar La Liga dalam dua musim sebelumnya.

Tapi, Napoli yang bermain 1-1 di San Paolo dalam first leg 16 besar punya handicap ketika bermain di kandang lawan. Termasuk ketika dibekuk Inter Milan 0-2 di Stadio Giuseppe Meazza kemarin (29/7), skuad Gennaro Gattuso tidak pernah menang dalam tiga laga tandang Serie A terakhir (2 kalah dan 1 seri).

Lalu, bagaimana Napoli bisa lolos dari hadangan Barca di Camp Nou? ’’Kami harus tampil beda (dengan di Serie A),’’ ucap Ringhio Starr–julukan Gattuso– seperti dilansir Sky Italia. ”Jika kami mampu bermain seperti di final Coppa Italia (mengalahkan Juventus, Red), kami punya kesempatan besar kompetitif di ajang tersebut (Liga Champions),” sambung peraih dua gelar Liga Champions sebagai pemain AC Milan tersebut.

Il Lupi tak kalah optimistis bisa melaju jauh di Liga Europa. Di 16 besar yang hanya berlangsung dalam single match, Edin Dzeko dkk menghadapi Sevilla di MSV-Arena, Duisburg (7/8). Seperti Napoli yang ingin tampil beda di Eropa, Il Lupi lebih dulu melakukannya sejak restart Serie A.

Keputusan allenatore Paulo Fonseca mengganti formasi dari 4-2-3-1 ke 3-4-2-1 awal bulan ini menjadikan Il Lupi unbeaten dalam enam laga Serie A. Dzeko dkk hanya gagal menang saat ditahan Inter 2-2 di Stadio Olimpico dalam giornata ke-34 (20/7). ’’Kami lebih kuat dengan wajah yang baru. Ini spirit yang tepat untuk mengalahkan Sevilla,’’ koar gelandang bertahan Il Lupi Amadou Diawara di laman resmi klub.

Layak dinanti apakah Napoli dan AS Roma mampu meraih sukses di Eropa sehingga berhak atas tiket ke Liga Champions musim depan. Sebagai catatan, seandainya mereka samasama menjadi juara, jatah Liga Champions yang diperoleh peringkat keempat Serie A musim ini bisa hangus. Sebab, UEFA membuat aturan satu asosiasi hanya boleh mengirimkan maksimal lima wakil ke Liga Champions.(jpc/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *