Halbar

Dua Tahun Upacara HUT – RI Tanpa Bupati Danny

×

Dua Tahun Upacara HUT – RI Tanpa Bupati Danny

Sebarkan artikel ini
Wakil Bupati Halmahera Barat, Ahmad Zakir Mando saat menerima Bendera Merah Putih untuk dikibarkan

HARIANHALMAHERA.COM–Kehadiran orang nomor satu di daerah dalam setiap momentum perayaan hari besar kenegaraan seperti HUT RI, adalah hal yang lazim ditemui. Namun itu berbeda di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar).

Dalam dua kali perayaan HUT RI (2018 – 2020), Bupati Danny Missy lebih memilih keluar daerah, ketimbang mengikuti Upacara 17 Agustus di daerah yang dipimpinnya.

Padahal, pada Jumat (14/8) kemarin, orang nomor satu di Halbar itu sempat dijemput ratusan pendukung dan diarak di seputaran Jailolo. Danny yang berpasangan dengan Imran Lolory ini, bakal maju di Pilkada Halbar.

Sebagai gantinya, Wakil Bupati Halbar kembali bertindak sebagai Inspektur Upacara HUT ke – 75 RI tahun 2020 yang dipusatkan di Lapangan Sasadu Lamo, Desa Acango, Kecamatan Jailolo.

Pantauan Harian Halmahera, hadir dalam upacara itu yakni jajaran Forkopimda, Sekda, pimpinan perguruan tinggi, pimpinan SKPD, tokoh masyarakat, dan Ketua DPRD Halbar, Charles Richard Gusta, sekaligus bertindak sebagai pembaca teks proklamasi.

Sementara, peserta upacara sangat terbatas, mengingat masih dalam masa pendemi Covid-19 sehingga yang terlibat yaitu, pasukan TNI/Polri, Satpol PP, Korpri/ASN dari Eselon I sampai IV, pelajar SMA sederajat terbatas, PMI dan Pramuka.

Sedangkan bertindak sebagai Komandan upacara yakni, Kapten Inf. Adi Prabowo, Pembawa Baki Sri Rahayu Hi. Adi Suwardi, yang merupakan siswa SMA Negeri 1 Halbar.

Wakil Bupati Halbar, Ahmad Zakir Mando kepada wartawan usai pelaksanaan upacara, berharap dengan adanya momentum kemerdekaan ini, harus ada pemikiran – pemikiran yang baru dari generasi zaman ini.

Karena para pahlawan sudah mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk kemerdekaan, sehingga generasi zaman ini harus mampu mengisi kemerdekaan Indonesia dengan 1 persepsi demi tercapainya kesejahteraan masyarakat, khususnya Halbar.

“Untuk itu diharapkan kepada generasi zaman ini dapat mengisi jiwa dan raganya hanya dengan kemerdekaan demi tercapainya perubahan daerah yang kita cintai ini,” harapnya.

Sekadar diketahui, upacara pengibaran bendera merah putih berakhir pada pukul 10.36 WIT. Semua berjalan aman dan tertib. Sedangkan penurunan bendera baru dilaksanakan pukul 17.00 WIT. (tr-4/Kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *