Halut

NHM Siap Jadi ‘Pasar’ Komoditas Masyarakat Lingkar Tambang

×

NHM Siap Jadi ‘Pasar’ Komoditas Masyarakat Lingkar Tambang

Sebarkan artikel ini
SATU VISI: Suasana pertemuan perwakilan pemerintah desa Kecamatan Kao-Malifut dengan PT NHM.(foto: Iskandar H Karim for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM— Kehadiran PT Indotan Halmahera Bangkit dibawa pimpinan H Robert Nitiyudo, sekaligus pemilik PT Nusa Halmahera Minerals (NHM), membawa semangat baru bagi masyarakat di lingkar tambang. Khususnya dalam peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

Dari pertemuan Presiden Direktur (Presdir) H Robert Nitiyudo bersama perwakilan pemerintah desa se Kecamatan Kao-Malifut, beberapa hari lalu, PT NHM bersedia membeli komoditas masyarakat lingkar tambang.

“NHM siap jadi pasar. NHM berkomitmen membeli komoditas masyarakat sesuai dengan kebutuhan perusahaan,” kata manajemen PT NHM melalui Manajer Komunikasi, Ramdani Sirait.

Sebelumnya, Ketua Forum Kades Kecamatan Kao Teluk Iskandar H Karim, yang turut dalam pertemuan tersebut, menyebutkan perusahaan sudah bersedia untuk membeli produk-produk lokal masyarakat, khususnya pertanian, perikanan, dan peternakan.

“Prosedurnya ke depan, koperasi yang akan mengelolanya. Nantinya akan ada satu koperasi di setiap kecamatan yang akan berhubungan dengan BUNDes di setiap desa. Soal kebutuhan apa saja yang akan disuplai, tentunya akan didata dulu. Kami belum tahu apa saja kebutuhan perusahaan,” terangnya, ketika dihubungi via telepon, Kamis (27/8).

Diketahui, pasar memang menjadi masalah masyarakat tani dan nelayan di Kecamatan Kao-Malifut. Program ini juga sebelumnya sudah pernah dilakukan PT NHM saat masih berbendera Newcrest. Hanya saja, masyarakat tetap kesulitan menjual komoditasnya ke perusahaan.

Sampai saat ini, informasi yang diperoleh, untuk memenuhi logistik makanan, perusahaan lewat mitranya masih mengandalkan logistik dari luar Maluku Utara (Malut). Mulai dari beras, daging, telur, dan kebutuhan lainnya.

Padahal, jika dioptimalkan, Kecamatan Kao-Malifut terbilang memiliki potensi perikanan, pertanian, dan peternakan yang tidak kalah kualitasnya.

“Ini tentunya solusi yang baik. Dengan pasar ini, pendapatan ekonomi masyarakat lingkar tambang pasti akan naik,” pungkas Iskandar.(fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *