Ternate

125 Personil Polres Ternate Siap Amankan Pendaftaran Bapaslon

×

125 Personil Polres Ternate Siap Amankan Pendaftaran Bapaslon

Sebarkan artikel ini
Petugas Sat Sabhara Polda Riau menggunakan anjing K-9 untuk membubarkan pengunjuk rasa yang anarkis dalam simulasi Sispam Kota dalam rangka Pengamanan Pilkada Serentak 2020 di Lapangan Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau di Kabupaten Kampar, Riau, Kamis (23/7/2020). ANTARA FOTO/Rony Muharrman/aww. (FOTO : Rony Muharrman/ANTARA FOTO)

HARIANHALMAHERA.COM – Jelang pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Kepolisian Resort (Polres) Ternate menyiapkan 125 personil.

Kapolres Kota Ternate, AKBP Aditiya Laksimada, menuturkan mulai dari verfikasi, pendaftaran, cek kesehatan, hingga penetapan wali kota dan wakil wali kota, Polres Ternate melibatkan 125 personil.

“Jadi mulai besok, informasi ada dua bakal calon yang mendaftar di KPU,” kata Aditiya, Kamis (3/9), sembari menambahkan, sudah membangun koordinasi yang tidak hanya di KPU, namun masing-masing paslon agar proses pendaftaran sampai pada pencoblosan berjalan aman.

“Tadi secara kebetulan saya bertemu dengan calon wali kota, yakni Pak Tauhid dan Abdullah Taher, dan menyampaikan bahwa dalam tahapan pilkada tetap saling mengingatkan, agar ketertiban wilayah Ternate berjalan aman,” jelasnya.

Meski demikian, pada saat pendaftaran juga semua calon wajib menerapkan protokol kesehatan. “Jadi pendukung paslon lain tentunya dibatasi, dan tidak semua berada di wilayah atau area KPU,” terangnya.

“Untuk area mana saja, tentu kami ikut saja sesuai arahan KPU, dilarang hanya sebagian maka yang lain tentunya harus tinggal,” tambahnya.

Ketika bapaslon melakukan konvoi, kata dia, anggota kepolisian akan membackup, dan tetap melakukan pengawalan di semua wilayah atau titik yang dinilai rawan konflik.

“Selain menerapkan protokol kesehatan, para calon juga harus mengendalikan simpatisan agar tidak ada euforia yang begitu berlebihan. Masyarakat tetap menjaga situasi Kota Ternate yang kondusif, jangan terprovokasi dengan berita hoaks serta hasutan, sehingga menggangu kamtibmnas,” pungkasnya. (tr-3/Kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *