Besok Mulai Kampanye, Enam Pj Kada belum Dilantik

0
481
Suasana persiapan pelantikan Pj Kada di aula Nuku Kantor Gubernur Malut, Sofifi Jumat sore (25/9)

HARIANHALMAHERA.COM – Kekosongan kursi kepala daerah masih akan terjadi besok di enam kabupaten/kota di Malut yang menggelar pilkada serentak pasca ditinggal petahana yang akan melakukan kampanye.

Ini lantaran hingga kemarin surat keputusan (SK) penetapan penjabat (Pj) kada dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) belum juga diterima Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK). Akibatanya, pelantikan caretaker yang harusnya berlangsung hari ini, belum dilaksanakan.  Padahal, lima kada dan enam Wakada yang kembali mengikuti pilkada, terhitung mulai tadi sudah resmi cuti dari tugas.

Kabag Kepala bagian (Otonomi daerah (Otda) Biro Pemerintahan dan Otda Setda Malut Taufik Marasabesy yang tiba dari Jakarta hari ini pun belum membawa SK.  Kepada wartawan usai melaporkan ke Gubernur di kediaman sore tadi, dia mengakui saat ini SK enam Pj Kada memang sudah ditandatangani Mendagri M. Tito Karnavian. Namun, belum diserahkan karena masih menunggu petikan surat pengantar. “Informasi terakhir ini Mendagri sudah tanda tangan tapi untuk diserahkan ke kepala daerah harus dibikin petikan dan pengantar dulu,” katanya.

Meski SK penetapan sudah ada, Taufik sendiri mengaku belum melihat SK tersebut.
Dia mengaku, proses SK ini memang lama di Kemendagri mengingat hampir 209 SK yang di proses di waktu yang bersamaan. Padahal, Pemprov sendiri mengakukan usulan daftar Pj Kada ke Kemendagri sejak 10 September lalu. “Direktur yang mengelolah itu di Kemendagri terbatas orangnya makanya lama,” katanya

Namun, sesuai radiogram dari Mendagri batas pelantikan Pj Kada sampai dengan besok (26/9) itu bagi daerah-daerah yang SK Pj Kadanya belum selesai. “Daerah yang SKnya sudah selesai pelantikan hari ini,” katanya

Berdasarkan radiogram itulah, tadi Pemprov sudah menyiapkan seluruh proses pelantikan yang rencnanya akan berlangsung di aula Nuku Kantor Gubernur Malut di Sofifi besok.
Namun, menyangkut pukul berapa pelantikan digelar, belum bisa dipastikan. “Karena kami masih menunggu fisik SK dari Jakarta. Tapi tetap tanggal 26 itu pelantikan,” ucapnya.

Meski belum diketahui siapa yang menjadi Pj Kada, dia mengaku para calon Pj Kada sendiri pada dasarnya mengaku siap dilantik jika terpilih. “Kita sudha hubungi dan memang dorang siap kita galadi malam ini karena memang kondisi giografis ada yang di Ternate ada yang dimana paling lambat besok pagi,” pungkasnya.(lfa/pur).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here