HalutPolitik

FM-Mantap ‘Tenteng’ 9 Partai ke KPU Halut

×

FM-Mantap ‘Tenteng’ 9 Partai ke KPU Halut

Sebarkan artikel ini
Pasangan calon kepala daerah Halmahera Utara (Halut), Frans Manery dan Muchlis Tapi-Tapi, saat tiba di Kantor KPU Halut dan menjalani serangkaian protokoler Covid-19. Foto: Ardi/Harian Halmahera

HARIANHALMAHERA.COM – Hari kedua pendaftaran di KPU, Sabtu (5/9), pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Utara (Halut), Frans Manery dan Muchlis Tapi-Tapi (FM-Mantap), resmi mendaftarkan dirinya sebagai peserta di Pilkada Halut.

Pendaftaran pasangan petahana ini dikawal langsung oleh 9 partai politik (parpol) pengusung, relawan, tokoh masyarakat, serta para simpatisan.

Kedatangan FM-Mantap mirip dengan pasangan cabup-cawabup sebelumnya, yaitu disambut dengan tarian adat dan tetap dalam protokoler kesehatan Covid-19 yang diterapkan KPU Halut.

Pantauan Harianhalmahera.com di lokasi, pasangan petahana tersebut datang ke Kantor KPU Halut sekitar pukul 11.30 WIT. Pasangan jilid II ini diarak oleh para pendukung dari Posko Komando FM-Mantap di Desa Gosoma, Tobelo.

Pasangan calon kepala daerah Halmahera Utara (Halut), Frans Manery dan Muchlis Tapi-Tapi saat berada di Kantor KPU Halut. Foto: Ardi/Harian Halmahera

Sebelum masuk ke dalam area pendaftaran, pasangan FM-Mantap mendapatkan pemeriksaan secara ketat terkait protokol kesehatan Covid, seperti penggunaan masker, mencuci tangan dan penyemprotan hand sanitizer.

Sejumlah pimpinan dan pengurus partai pun turut hadir dalam pendaftaran itu, seperti Ketua Harian DPD I Partai Golkar Malut, Ahmad Karim, Ketua DPD II Golkar, Frans Manery sekaligus selaku cabup Halut.

Kemudian, Ketua Partai DPC Demokrat Halut, Yulius Dagilaha, Ketua DPC NasDem Halut, Erasmus Kulape, Ketua DPC Hanura Halut, Sahril Hi Rauf, Ketua DPK PKPI Halut, Jems Tuyu, dan Ketua DPC Gerindra Halut, Arifin Abdurahman.

“Pendaftaran calon ke KPU mengikuti protap kesehatan Covid-19, karena memang aturannya begitu sebagaimana tertuang dalam PKPU,” kata Ketua KPU Halut, Muhammad Rizal.

Ical, sapaan akrab Muhammad Rizal, menjelaskan tim verfikator akan melakukan penelitian kelengkapan dan keabsahan dokumen persyaratan pencalonan bakal pasangan calon dan persyaratan calon.

”Kalau nantinya hasil penelitian dokumen persyaratan lengkap dan memenuhi syarat, maka berkasnya akan diterima,” katanya.

Sementara itu, Cawabup Halut, Muchlis Tapi-Tapi mengatakan, setelah diterimanya dokumen persyaratan pendaftaran oleh tim verfikator KPU Halut, tentu ini membuat mereka senang dan bersyukur.

“Kami akan mengikuti tahapan berikutnya, doakan kami agar proses yang dilalui berjalan lancar, terutama soal tes kesehatan yang dijadwalkan pada pekan depan,” ujarnya.

Ketua Tim Pemenangan FM – Mantap, Samsul Bahri Umar, menambahkan saat ini tim pemenangan maupun mesin partai fokus pada pergerakan dan mempersiapkan strategi politik, untuk memenangkan pasangan cabup-cawabup yang diusung.

Pasangan calon kepala daerah Halmahera Utara, Frans Manery dan Muchlis Tapi-Tapi di Kantor KPU Halut. Foto: Ardi/Harian Halmahera

”Seluruh partai koalisi FM-Mantap saat ini menyusun  strategi, begitu juga tim relawan dan simpatisan,” pungkasnya.

Sementara itu, jumlah kursi dari 9 partai pengusung pasangan Cabup-Cawabup FM-Mantap adalah 17, yang terdiri dari partai Demokrat (4 kursi), Golkar (3 kursi), PKPI (3 kursi), NasDem (2 kursi), Hanura (2 kursi).

Kemudian Perindo (1 kursi), Gerindra (1 kursi), PAN (1 kursi) dan Berkarya (1 kursi). Pasangan petahana ini akan ditantang oleh pasangan Joel-Said yang didukung 2 partai, yaitu PKB – PDIP dengan perolehan 6 kursi di DPRD Halut.(dit/pn/Kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *