HalbarPolitik

Tiga Program Jadi Skala Prioritas Paslon DESAIN

×

Tiga Program Jadi Skala Prioritas Paslon DESAIN

Sebarkan artikel ini
Cawabup Iksan Hi.Husain didampingi Jubir Hardi Hayun saat memeparkan program visi-misi

HARIANHALMAHERA.COM–Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Barat (Halbar), Denny Palar – Iksan Hi. Husain menawarkan tiga program yang menjadi skala prioritas, jika diberi amanah memimpin Halbar.

Tiga program prioritas dari paslon nomor urut 4 dengan akronim DESAIN yang diusung Partai Gerindra dan PKB ini, meliputi sehat, cerdas, dan sejahtera. Ini akan dijabarkan dalam visi – misi saat terpilih nanti.

Cawabup Iksan Hi. Husain, mengaku akan merubah sistem pelayanan di birokrasi dengan bersandar pada 3 program, yakni Sehat, Cerdas, dan Sejahtera.

“Kami akan menata birokrasi dengan memberikan ruang pada kaum perempuan dengan prestasi 30 persen di birokrasi dan penataan sistem pengelolaan keuangan daerah yang sehat,” ujar Iksan didampingi juru bicara DESAIN, Hardi Haiyun, saat mengikuti zoom meetting dalam kegiatan Webinar Nasional Pilkada Berintegritas 2020 bersama Plh Ketua KPU Ilham Saputra, Mendagri Tito Karnavian, Ketua KPK Firli Bahuri, dan Ketua Bawaslu RI  Abhan di Kiram Cooffee, Jailolo, Selasa (20/10).

Di sektor Ekonomi, kata dia, salah satu terobosan yang bakal dilakukan adalah memberdayakan warga di setiap kecamatan untuk mengelola potensi ekonomi di wilayah tersebut lewat BUMDes.

“Kami juga akan berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mempermudah pengurusan izin usaha, sehingga investor mau menanamkan sahamnya di Halbar,” ujarnya.

Selain itu, penataan kawasan perkotaan tak luput dari perhatian. Ini penting agar ruang kota tidak amburadul dengan membuat master plan Kota Jailolo.

“Memang terkait master plan kota itu memerlukan anggaran yang tidak sedikit, tetapi untuk kemajuan daerah yang kami cintai ini, tetap kami lakukan agar ke depan Jailolo menjadi Smart City,” tuturnya.

Untuk mendukung program tersebut sekaligus mempermudah pengawasan hingga ke wilayah pelosok yang terisolir, DESAIN akan mengembangkan program tol laut.

“Agar masyarakat Halbar, khususnya di wilayah terisolir, mudah mengakses internet. Kami sudah membangun komunikasi bersama PT Telkomsel terkait rencana ini,” ujar Iksan.

Namun yang tak kalah penting dan sudah menjadi komitmen DESAIN, lanjut dia, adalah sektor kesehatan dan pendidikan. “Kami akan melakukan perbaikan sistem pelayanan, dengan melakukan pemerataan tenaga kesehatan maupun pengajar di seluruh wilayah Halbar,” katanya.

Iksan juga menambahkan, jika Tuhan berkehendak DESAIN memimpin Halbar selama 5 tahun ke depan, pihaknya akan menciptakan Halbar yang bebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Kami akan mengeluarkan peraturan tentang Halbar bebas narkoba, jadi setiap ASN maupun anggota DPRD Halbar wajib menjalani tes narkoba setiap 3 bulan sekali,” tandasnya. (tr-4/kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *