Haltim

Survey Fixpoll Unggulkan Paslon TIVA

×

Survey Fixpoll Unggulkan Paslon TIVA

Sebarkan artikel ini

HARIANHALMAHERA.COM–Tim pemenang dua pasangan calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati (wabup) Halmahera Timur (Haltim) Ubaid Yakub-Anjas Taher (Ubaid-Ajnas) dan Moh. Abdu Nasar-Aziz Ajarat (Monas) harus bekerja lebih keras lagi untuk mendongkrak popularitas masing-masing.

Sebab, hasil survey Pilkada Haltim yang dilakukan Fixpoll Indonesia, elektabilitas kedua paslon ini berada dibawah paslon Hi. Thaib Jalaluddin-Novarius A Bulangi (Tiva).

Berdasarkan hasil survey, elektabilitas Paslon TIVA berada di angkta 37,7 persen disusul paslon Ubaid -Anjas dengan angka 27,3 persen dan paslon Monas diangka 16,1 persen.

“Masih ada 42,2 persen responden yang belum menentukan pilihan dan tidak tahu yang memungkinkan pilihanya masih bisa berubah,” ungkap Mohammad Anas RA saat merelease hasil survey Pixpoll Indonesia dengan tema “Potret Perilaku Masyarakat dan Menakar Peluang Calon Bupati/Wakil Bupati Kabupaten Haltim”, di ruang Kieraha 6 Hotel Muara Ternate, Selasa (10/11).

Dari hasil survey itu, Tiva unggul di enam kecamatan yaitu Kota Maba, Maba, Maba Selatan, Maba Tengah, Wasile dan Wasile Utara. Sementara Ubaid Yakub-Anjas Taher unggul di empat kecamatan yaitu Maba Utara, Wasile Selatan, Wasile Tengah dan Wasile Timur.  Sedangkan Monas hanya mampu signifikan di empat Kecamatan yaitu Wasile, Wasile Utara, Maba Tengah dan Maba Utara.

Anas juga membeberkan, 83,6 persen responden berpendapat politik uang masih berpeluang terjadi. Dimana ada 46,8 persen yang menerima uang lalu memilih kandidat tersebut, 38,0 persen memilih menerima uang namun tidak memilih calon yang memberikan uang.

“Kemudian untuk patron klien yang paling di ikuti anjuranya dalam Pilkada adalah Kepala desa 30,2 persen, Tokoh agama 23,4 persen, Keluarga 20,5 persen,” jelasnya.

Survey Fixpoll sendiri dilakukan pada 2-6 November 2020 dengan jumlah 440 responden. (lfa/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *