HaltengKesehatan

Vaksinasi Tahap Pertama Masih Fokus ke Nakes

×

Vaksinasi Tahap Pertama Masih Fokus ke Nakes

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi : Vaksin

HARIANHALMAHERA.COM – Sebagai salah satu kabupaten di Maluku Utara (Malut) yang memiliki kasus Covid-19 paling sedikit, vaksinasi tahap pertama di Halmahera Tengah (Halteng) belum dilakukan kepada masyarakat.

Pada tahap pertama yang akan dimulai serentak pada 14 Januari mendatang itu masih akan dipiroritaskan kepada tenaga kesehatan (Nakes) yang berjumlah 528 orang, baik itu yang berstatus PNS, maupun PTT.

“Jadi pada tahap pertama pengiriman vaksin khusus tenaga kesehatan. Kesiapan sudah dilakukan, serta dokumen sudah diinput di aplikasi SDMK secara nasional,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Halteng Rijja Rajana, Kamis (7/1).

Dinkes juga sudah menyiapkan tim yang akan melakukan vaksinasi. Dimana, setiap tim berjumlah empat orang yang terdiri dari satu Dokter, petugas vaksinator, tenaga administrasi, dan perawatan.

Tim vaksinator ini nantinya akan melakukan skrining kepada mereka yang akan di vaksinasi. “Ada kriteria yang menjadi prioritas. Jadi sebelumnya dilakukan vaksinasi harus ada pemeriksaan terlebih dahulu,” katanya sembari mengatakan Tempat vaksinasi dilakukan di seluruh puskesmas di Halteng.

Sebenarnya vaksinasi dilakukan dalam rangka untuk melakukan pencegahan bukan mengobati. Sehingga, sosialisasi akan dilakukan secara terus-menerus. Pada dasarnya kata dia Pemkab sudah siap melakukan vaksinasi. “Kami bakal melibatkan semua stekolder untuk melakukan sosialisasi, terkait vaksinasi yang akan diberikan pada masyarakat,” katanya.(tr1/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *