Halut

Nakes di Halut Tuntas Divaksin, Belum Ada Laporan Efek Samping

×

Nakes di Halut Tuntas Divaksin, Belum Ada Laporan Efek Samping

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Vaksinasi Tenaga Kesehatan (Foto : net)

HARIANHALMAHERA.COM–Usai pencanangan vaksinasi covid-19 pada Kamis (4/2), lalu, yang sudah diikuti sejumlah pejabat daerah dan tokoh masyarakat, sampai saat ini belum ada laporan efek samping berat penerima vaksin. Demikian penegasan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Halut Muhammad Tapi Tapi.

“Untuk sementara, gejala pasca penyuntikan hanya efek ringan saja. Tidak ada gejala sedang apalagi berat. Efek ringannya, seperti mengantuk dan merasa pegal,” sebutnya.

Dia juga menyebut, tenaga kesehatan (nakes) juga sudah selesai divaksin. Dimulai Senin (8/2) sampai dengan hari ini, kemarin. “Mulai kemarin (8/2) seluruh nakes sudah divaksin, kecuali yang sakit, darah tinggi, hamil, dan pernah terpapar covid, mereka itu belum divaksin,” ungkapnya.

Selain persiapan penyuntikan kedua, lanjut Muhammad, Dinkes juga tengah mempersiapkan vaksinasi tahap II pada pertengahan Februari sampai Maret mendatang. Dia menyebut, yang akan divaksinasi adalah, kepolisian, DPRD Halut, wartawan, tokoh agama, dan pelayanan Publik. “Untuk tahap III dan IV akan dilakukan di April. Penerima vaksin masyarakat dan pengusaha,” terangnya.

Sementara itu, terkait perkembangan kasus positif cobid-19 di Halut, Muhammad menyebut, dari hasil swab PCR Rumah Sakit Tobelo, yang positif sudah 212 orang. Lima di antaranya meninggal dunia dan yang sembuh sudah 26 orang.

“Selain kami akan mencari dari mana orang-orang bisa terpapar covid, pasien covid ada yang isolasi di rumah sakit, dan yang tanpa gejala di lakukan isolasi mandiri. Sementara yang bergejala dikonsultasikan di Rumah Sakit dan Puskesmas,” pungkasnya.(cw/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *