Siapkan Rp 517 M Stok Uang hingga Lebaran

0
189
Konfrensi Pers Bank Indonesia yang berlangsung di ruang pertemuan Royal, Senin(12/4)

HARIANHALMAHERA.COM–Meski ramadan tahun ini masih berlangsung ditengah pandemi Covid-19, namun hal itu tidak mempengaruhi tingkat penukaran uang di Maluku Utara (Malut) yang dipastikan akan tetap tinggi.

Hal ini dapat dilihat dari stok uang yang disediakan Bank Indonesia (BI) Perwakian Malut. Kepala Kantor Perwakilan BI Malut Jeffri Dwi Putra mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama ramadan hingga lebaran, BI telah menyiapkan layanan penukaran uang sebesar Rp 517,9 miliar

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, karena KPw BI Provinsi Malut telah menyiapkan jumlah dan nominal yang cukup untuk memenuhi kebutuhan uang pada Ramadhan dan Lebaran,” kata Jeffri.

Dari total Rp 517,9 miliar stok uang ini, terbanyak berupa Pecahan Besar mulai dari 50 ribu hingga Rp100 ribu yang totalnya diperkirakan mencapai Rp484 miliar . Sedangkan untuk pecahan kecil dibawah Rp 20 ribu etrsedia sebanyak Rp33,8 miliar.

Jumlah stok uang ini akan didsitribusikan melalui 64 jaringan kantor bank umum yang tersebar di semua kabupaten/kota di Provinsi Malut. Namun, begitu, layanan penukaran uang ini diharapkan dapat dilakukan dengan mematuhi potokol kesehatan (prokes).

Agar tidak memicu kerumuman, serta mengurangi antrian dan menjaga keamanan serta mengurangi potensi kriminalitas. Jefrry juga menghimbau dinas, instansi yang membutuhkan layanan penukaran uang untuk melakukan penukaran secara kolektif.

“Masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati dalam bertransaksi dengan menggunakan uang, selalu cermat dan teliti terhadap ciri keaslian uang,” pintanya. Dalam kesempatan itu, BI juga kata Jefry masih tetap membuka layanan penukaran uang yang tidak layak edar. (tr4/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here