Banyak Lulusan SMA Pilih Bekerja di IWIP Ketimbang Kuliah

0
195
Lokasi Tambang PT. IWIP (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–KEHADIRAN PT IWIP di Halteng memang memberikan dampak postifi bagi warga setempat. Namun, di lain sisi, keberadaan perusahaan tambang nikel ini juga turut memicu redahnya tingkat pendidikan warga Halteng.

Dimana, sejak kehadiran PT IWIP, banyak lulusan SMA di Halteng yang memutuskan untuk bekerja di perurahaan tambang tersebut ketimbang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Hal ini diakui langsung Ketua Komite SMAN I Halteng Ahlan Djumadil disela-sela rapat penumuman kelulusan kemarin. Diakui, sejak tahun lalu siswa yang lulus SMA masih minim melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.  “Ini disebabkan oleh adanya Perusahaan PT.IWIP,” ucap Ahlan yang juga Anggota DPRD Halteng ini.

Karena itu, dia mengimbau kepada orang tua siswa jangan terlalu berfikir untuk memasukkan anaknya ke Perusahaan untuk bekerja, tapi harus ada upaya agar mereka didorong untuk melanjutkan pendidikannya jenjang yang lebih tinggi.

“Karena mereka inilah yang kedepan akan menjadi generasi penerus di Daerah ini, dan itu bisa terwujud dengan pendidikan,”tutup ketua Komisi II DPRD Halteng ini. (tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here