2 Tahun Gagal Berangkat Haji, Kemenag Beri Penjelasan

0
95
ILUSTRASI vaksinasi jamaah calon haji sebelum berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci.(foto: jawapos.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Kebijakan Kementerian Agama (Kemenag) untuk tidak memberangkatkan haji tahun ini, menyebabkan kekecewaaan mendalam di hati 95 Jamaah Calon Haji (JCH) Halut. Pasalnya, pembatalan ini bukan kali pertama, tetapi sudah yang kedua kalinya.

Untuk meredam kekecewaan JCH, yang gagal menunaikan rukun Islam ke-5, Kemenag Halut melakukan sosialisasi langsung kepada JCH. Sosialisasi di tiga titik ini bertujuan agar JCH tidak kecewa dengan surat yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat. Apalagi pembatalan ini menyebabkan daftar tunggu makin panjang, sementara kuota yang diberikan setiap tahun tetap.

Menurut Kepala Seksi (Kasie) Penyelenggara Haji dan Umroh Rustam S Jafar, pihaknya akan menyampaikan surat keputusan pemerintah terkait pembatalan keberangkan haji tahun 2021 akibat pandemi Covid-19.

“Mungkin karena Covid-19, sehingga pemerintah kembali menunda keberangkatan haji pada tahun ini. Kami berharap para JCH Halut tetap bersabar. Kami berharap semoga di tahun depan JCH bisa berangkat haji,” terangnya.

“Jika ada JCH yang meninggal, maka kami akan memanggil ahli warisnya untuk mengantikan. Seperti kejadian yang kemarin, beberapa JCH yang meninggal itu digantikan dengan ahli waris mereka,” tuturnya.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here