Anggaran Perawatan Tarffick Light Masih Minim

0
120
Tarffic Light di Perempatan Kelurahan Toboko yang tak lagi berfungsi (Foto : Suparman Pawah/Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Dari 12 titik traffick light yang ada di Kota Ternate, saat ini tercattat satu titik yang mengalami kerusakan. Yakni traffick light yang berada di perempatan jalan Keluraha Toboko Ternate Selatan.

Tidak berfungsinya lamput lalulintas itu membuat para pengendara saling berebut jalan. Apalagu, pada jam-jam sibuk seperti pagi dan sore hari, kawasan itu pun terjadi kemacetan.

Sekretaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Ternate Fahrudin Ginting mengakui sudah hampir tiga pekan traffic light di Toboko itu rusak. Dishub kini tengah memesan alat dari luar daerah.

Namun, Fahrudin belum dapat memastikan kapan akan kembali berfungsi. “Untuk trafic light ini juga ada rusak ringan dan ada rusak berat. Kalau rusak berat alatnya juga harus pesan diluar daerah,”terangnya

Dikatakan, perawatan trafic light membutuhkan anggaran yang tidak sedikit. Setiap satu kali pergantian butuh anggran sebesar Rp 30 juta. Itupun untuk meangani keruskan ringan.

“Untuk anggaran pemiliharaan ini normalnya dalam satu tahun paling tidak Rp 90 juta. Sedangkan yang tersedia sekarang masih kecil. Setiap tahun juga selalu diusulkan untuk penambahan, tapi tidak pernah diakomodir. Apalagi tahun kemarin ada refocusing,” keluhnya.(tr4/pur)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here