Esok Keputusan Jadwal CPNS

Berharap Pemkab Buka Help Desk Pendaftaran

0
117
Ilustrasi (Foto : Net)

HARIANHALMAHERA.COM–Pertanyaan kapan jadwal seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 akan diumumkan, segera terjawab. Menyusul rencana pengumuman dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Kabar ini sudah ditunggu ribuan calon pelamar CPNS yang ada, khususnya di Kabupaten Halut.

“Jadwal pendaftaran CPNS 2021 akan diumumkan paling lambat 30 Juni 2021, bersamaan dengan pengumuman seleksi PPPK 2021. Insya Allah rencananya begitu,” kata Kepala BKN Bima Haria Wibisana, terkait tanggal pendaftaran CPNS 2021 dikutip dari fajar.co.

Tidak hanya calon pelamar umum, para honorer yang saat ini mengabdi di Pemkab Halut juga sangat menanti kepastian dari pemerintah. Tidak hanya sekadar jadwal seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), namun juga syrata mekanisme seleksi.

Pada kesempatan terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, menambahkan informasi secara lebih rinci mengenai tanggal pendaftaran CPNS 2021. Dia menegaskan bahwa BKN akan segera mengumumkan kapan waktu pendaftaran seleksi CPNS 2021 secara resmi dibuka.

Menurut Paryono, pengumuman kapan pendaftaran CPNS 2021 dibuka akan disampaikan pada Selasa (29/6), besok. “Nanti tanggal 29 Juni siang, kami akan mengadakan konferensi pers,” ujar Paryono dikutip dari Kompas.com. “Ini konpers untuk mengumumkan kapan pembukaan CPNS,” lanjut dia mengenai jadwal pendaftaran CPNS 2021.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Kabupaten Halmahera Utara (Halut) mendapat kuota untuk merekrut sebanyak 1.090 aparatur baru. Jumlah itu terdiri dari, CPNS sebanyak 296 orang dan PPPK sebanyak 794 orang. “Untuk PPPK dibagi lagi. Untuk PPPK guru sebanyak 748 orang, PPPK non-guru 46 orang; terdiri dari PPPK tenaga kesehatan 40 orang dan PPPK penyuluh pertanian sebanyak 6 orang,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Oni Hendrik, awal Juni lalu.

Dalam seleksi CPNS dan PPPK ini, lanjut Oni, Pemkab Halut belum memastikan terkait prioritas seleksi. Saat ini Pemkab hanya menyesuaikan jadwal yang diberikan pemerintah pusat. “Seleksi CPNS dan PPPK dilakukan secara bertahap. Silakan bagi yang ingin mengikuti seleksi. Pemkab Halut secara terbuka melakukan seleksi,” ulangnya.

Diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) sudah merilis jadwal pendaftaran CPNS dan PPPK 2021. Pada pembukaan seleksi CPNS 2021 ini, pemerintah akan membuka 1.275.387 formasi.

Fomasi tersebut terbagi dalam sejumlah posisi, yaitu 1 juta sebagai tenaga guru PPPK. Kemudian 189.000 untuk mengisi CPNS dan PPPK non guru di pemerintah daerah, serta 83.000 untuk mengisi CPNS dan PPPK non guru.(cw/fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here