EdukasiTernate

Resmi Nakhodai Unkhair, Ridha Diingatkan Belajar Kampus Merdeka

×

Resmi Nakhodai Unkhair, Ridha Diingatkan Belajar Kampus Merdeka

Sebarkan artikel ini
Suasana sumpah jabatan rektor terpilih Ridha Ajam (foto Nawir/Indotimur)

HARIANHALMAHERA.COM–Kursi Rektor Universitas Khairun (Unkhair) Ternate yang sempat diduduki Prof Dr. Husen Alting, kini resmi beralih ke Ridha Ajam yang meraih suara terbanyak di pemilihan rektor (pilrek) Unkhair beberapa waktu lalu.

Kemarin, Ridha resmi dilantik oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim bersama sejumlah calon rektor PTN terpilih lainnya.

Masing-masing Rektor Universitas Terbuka (UT), Rektor Universitas Masamus, Merauke Papua, Rektor Universitas Udayana (Unud) Bali, dan Direktur Politeknis Maritim Negeri Indonesia

Turut juga dilantik Sekretarus Jenderal Kemendikbud Ristek Suharti, Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama pada Pusat dan Informasi Abi Sujak, Direktir Perlindungan kebudyaaan, Ditjen Kebudayaan, Irini Dewi Wanti.

Kepada Ridha, mantan Bos Gojek itu mengharapkan agar jadi duta Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang akan memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berinovasi. “Pastikan perguruan tinggi akan menghasilkan calon profesional yang cerdas dan berkarakter,” katanya.

Nadiem mengatakan dalam sambutannya, Kemendikbudristek mengalami dinamika yang luar biasa dalam dua tahun terakhir. Dinamika pertama yakni dua kali perubahan organisasi. “Tahun 2019 bergabungnya kembali unsur pendidikan tinggi dan 2021 bergabungnya unsur riset dan teknologi,” ujar Nadiem Makarim.

Dinamika kedua, lanjut dia adalah pandemi Covid-19. Situasi pandemi memberi dampak luar biasa pada proses belajar mengajar. “Di tengah semua tantangan dan keterbatasan kita mengalami lompatan dalam mengadopsi teknologi dalam dunia pendidikan,” katanya.

Sementara di masa depan telah menunggu tantangan dan dinamika yang lebih besar. Nadiem berpesan pada pimpinan Kemendikbudristek untuk meningkatkan kinerja dan menguatkan kolaborasi untuk menghadirkan layanan terbaik dalam bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi. (dtc/pur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *