Halut

RSUD Tobelo Mulai Normal

×

RSUD Tobelo Mulai Normal

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo. (foto: i-malut.com)

HARIANHALMAHERA.COM–Operasional Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo kembali normal, setelah sebelumnya hampir dua pekan menutup aktivitas pelayanan bagi pasien umum dan hanya fokus pada pelayanan pasien covid-19.

“Sudah mulai normal. Saat ini RSUD sudah kembali membuka pelayanan seperti biasa. Sudah mulai menerima pasien umum maupun covid,” kata Direktur RSUD Tobelo drg Irwanto Tandaan.

Dia menyebut, sementara ini sejumlah tenaga medis yang bertugas di RSUD Tobelo sudah mulai kembali kerja usai dinyatakan sembuh dari covid. Meski belum sepenuhnya normal, namun aktivitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat umum sudah dibuka lagi.

“Sebelumnya tenaga medis di RSUD mengalami kekosongan karena hampir semua terpapar covid. Kondisi itu langsung diatasi dengan meminta bantuan ke Dinkes Halut untuk menyiapkan tenaga medis, agar bisa melayani pasien yang ada di RSUD,” ujarnya.

“Saat ini belum semua tenaga medis sembuh, tetapi pelayanan kesehatan sudah sedikit membaik dibanding dua minggu sebelumnya,” jelasnya, Selasa (3/8).

Bukan hanya tenaga medis yang terbatas, lanjut Irwanto, namun saat ini ketersediaan obat-obatan juga terbatas di RSUD Halut. Menurutnya, pihaknya masih memutar otak agar stok obat-obatan yang ada bisa mencukupi dan bisa membantu pasien yang saat ini dirawat di rumah sakit.

“Saat ini stok obat-obatan di rumah sakit memang terbatas, namun kami juga akan upayakan agar semua ini bisa teratasi dengan baik. Kami berupaya pasien yang ada juga akan aman dan semoga bisa cepat sembuh,” harapnya.

Terkait penanganan covid-19, drg Irwanto juga berharap kepada masyarakat agar tidak terpengaruh dengan informasi tidak benar (hoaks) karena covid ini memang benar-benar. Dia juga meminta masyarakat patuhi imbauan pemerintah terkait dengan disiplin prokes. Tujuannya agar angka kasus covid di Halut bisa menurun. “Masyarakat harus percaya dengan adanya covid yang saat ini menyebar di lingkungan kita masing-masing. Jika ini kita mampu atasi, maka covid akan hilang dengan sendirinya,” pintanya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pelayanan kesehatan di RSUD Tobelo sempat dibatasi. Instalasi Gawat Darurat (IGD) ditutup, pasien umum dialihkan ke rumah sakit lain. Hal ini akibat banyaknya tenaga medis di RSUD Tobelo yang harus menjalani isolasi mandiri akibat terkonfirmasi positif covid. Kini, aktivitas pelayanan kesehatan perlahan mulai normal.(cw/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *