HalutPT Nusa Halmahera Minerals

NHM Suplai Bantuan Alsintan ke Poktan Daru

×

NHM Suplai Bantuan Alsintan ke Poktan Daru

Sebarkan artikel ini
ILUSTRASI : Tim SP PT NHM menyalurkan bantuan alsintan kepada kelompok Tani di wilayah lingkar tambang.(foto: NHM for Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Setelah penyerahan bak penampung air ke kelompok tani (poktan) Daru beberapa waktu lalu, tim Social Performance (SP) PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) kembali salurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) bagi poktan binaan yang ada di Desa Daru, Kecamatan Kao Utara.

Bantuan fasilitas pendukung budidaya rempah pertanian berupa satu unit alat alkon. Suplai bantuan tersebut menunjukkan pola baru yang dilakukan PT NHM, yakni pola kemitraan. Pola ini tidak hanya sekadar memberikan bantuan, tapi juga turut mendampingi hingga usaha pertanian sukses.

Diketahui, Presiden Direktur (Presdir) H Robert Nitiyudo Wachjo sekaligus pemilik PT NHM sejak menyusun kembali program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) menerima usulan dari seluruh komponen yang ada di desa. Dari masukan-masukan itulah lahir program PPM yang sedang berjalan ini, termasuk beberapa program mandiri melalui H Robert Peduli.

Kepala Desa (Kades) Daru, Leo Nanere, mengaku bahwa penyaluran alsintan itu sebelumnya sudah janjikan karena alat-alat pertanian tersebut untuk kebutuhan pengembangan budidaya pertanian berupa cabe dan tomat. “Bantuan alkon ke Poktan sudah kami terima beberapa hari lalu. Kami tinggal menunggu mesin Sanyo yang dijanjikan akan diberikan dalam waktu dekat,” katanya, Jumat (12/11).

Saat ini, lanjut Daniel, warganya yang tergabung dalam Poktan Daru binaan PT NHM hampir selesai bercocok tanam cabe, tomat, dan sayuran. “Saya selalu menguatkan para petani bahwa hasil panen nanti dipastikan mendapat perhatian langsung dari PT NHM. Sebab program ini bagian dari target perusahaan untuk kesejahteraan bersama. NHM tidak akan tinggal diam melihat nasib petani lingkar tambang,” terangnya.(dit/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *