Danramil Wayabula Monitoring Pilkades Serentak Morselbar

0
133
Danramil Wayabula Monitoring Pilkades Serentak Morselbar

HARIANHALMAHERA.COM- Aparat keamanan di Kabupaten Pulau Morotai intensif melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di wilayah tersebut. Kali ini, sabtu (15/1), giliran Danramil 1508-07/Wayabula, Letda Inf. Mustafa Patty, melakukan monitoring langsung Pilkades Kecamatan Morotai Selatan Barat (Morselbar).

Khususnya wilayah Koramil 1508-07/Wayabula, sedianya ada 20 Desa yang melaksanakan Pilkades. Namun hanya dua Desa, yakni 15 Desa yang Desa Ngele Ngele Besar dan Desa Wayabula, sementara sisanya dalam proses pelaksanaan, karena terkendala vaksinasi sebagaimana tertuang dalam Perbup no 40 tahun 2021 tanggal 15 November 2021 tentang tata cara pencalonan, pemilihan, penetapan dan pelantikan kepala Desa serentak yang menjadi sandaran regulasi pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Pulau Morotai.

Danramil 1508-07/Wayabula, Letda Inf. Mustafa Patty, pun benarkan bahwa beberapa Desa yang belum sempat melaksanakan Pilkades, karena belum penuhi regulasi yang diatur, salah satu pointnya menyatakan bahwa Desa yang diperbolehkan melakukan pemilihan apabila telah mencapai target vaksinasi dengan angka presentase minimal dosis 1 90% dan dosis 2 70%.

“Kita harapkan, semua berjalan kondusif. Selain itu, warga semakin meningkatkan disiplin protokol kesehatan, terutama pada pelaksanaa Pilkades,” katanya.

Kebijakan pemda Kabupaten Pulau Morotai ini menurutnya, tentu sejan dengan terobosan pemerintah pada umumnya tentang pencegahan penyerabaran Covid-19 dan juga upaya menciptakan kondusifitas di saat pelaksanaan Pilkades.

“Dalam pelaksanaan Pilkades tampaknya telah patuh Prokes Covid-19, artinya semua perlengkapan terkait pencegahan seperti pakai masker dan disediakan hand sanitizer dilokasi Pilkades,”ujarnya.

Danrampil Wayabulah pun berharap siapa yang terpilih itu sudah yang terbaik sehingga itu berikan dukungan dan masukan untuk memajukan Desa.

“Jauhkan pandangan-pandangan negatif terhadap Kades yang terpilih. Itu pilihan kita, itu yang terbaik. Sekali lagi mari kita dukung dia dan kita bantu dia untuk memajukan Desa yang kita cintai ini,”terangnya.(dit/wyu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here