HalutMaluku UtaraPT Nusa Halmahera Minerals

4 Suku Akan Penuhi Keinginan Presdir NHM

×

4 Suku Akan Penuhi Keinginan Presdir NHM

Sebarkan artikel ini
4 suku lingkar tambang PT NHM saat bersama H Robert Nitiyudo Wachjo, Presdir sekaligus pemilik PT NHM, dimana kedua pihak berkomitmen lestarikan kearifan lokal

HARIANHALMAHERA.COM– tambahan alokasi dana oleh PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) ke 4 suku masing-masing suku Pagu, Madole, Boeng dan Towiliko dari Rp. 1 miliar per tahun menjadi Rp.2 miliar sepertinya menambah semangat bagi pengurus suku tersebut untuk merawat dan melestariskan adat yang ada di lingkar tambang NHM.

Keempat suku pun bertekad untuk penuhi semua keinginan H Robert Nitiyudo Wachjo selaku Presdir sekaligus pemilik tambang emas PT NHM soal focus pada adat dengan membuat berbagai kegiatan yang menghiasi adat itu sendiri seperti menyajikan cerita sejarah munculnya suku, tokoh adat pertama, silsilah adat hingga kembangkan ciri khasnya.

Sebelumnya dalam pertemuan yang berlangsung di front gate PT NHM site Gosowong, Desa Tabobo Kecamatan Malifut, selasa (15/3), Presdir NHM H Robert, menyampaikan bahwa tambahan dana tersebut merupakan tekadnya untuk membantu 4 suku agar terus merawat dan menjaga kelestarian adat, karena hal itu merupakan warisan leluhur yang harus dilindungi.

Sangaji Pagu, Simon Toloa selaku coordinator 4 suku di wilayah lingkar tambang PT NHM, pun menuturkan bahwa keinginan Presdir NHM tersebut dipastikan akan dipenuhi, karena masukan H Robert itu menunjukan beliau sangat mecintai nilai-nilai kerarifan local terutama 4 suku hingga peduli terhadap masyarakat adat.

“soal keinginan pa Haji (H Robert) pada 4 suku agar mencari tau catatan sejarah, silsilah hingga foto-foto peninggalan sejarah lalu dipajang ke rumah adat tentu akan diusahakan di penuhi, dan memang keinginan baliau ini tanpa disadari adalah hal yang luar biasa untuk mengingatkan kita semua terutama masyarakat adat 4 suku bahwa jasa lelulur harus dihormati dan dijunjungi tinggi,”katanya.

Kepedulian H Robert terhadap 4 suku ini menurutnya, baru pertama dalam sejarah hadirnya PT NHM di tengah-tengah lima Kecamatan lingkar tambang, yakni Kao Teluk, Malifut, Kao, Kao Utara dan Kao Barat. Bahkan lanjutnya, harus diakui bahwa H Robert telah menghidupkan dan mensejahterakan masyarakat lingkar tambang PT NHM dari keterpurukan PT NHM ditangan Newscret Australia.

“Puji syukur kami sampaikan bahwa H Robert telah memberikan kehidupan yang lebih layak pada warga lingkar tambang NHM terutama bagi kami 4 suku, khususnya kami suku Pagu baru kali ini bangun rumah adat yang begitua megah dan telah membuat kegiatan-kegiatan tentang adat, yang mana semua itu dibayai oleh PT NHM melalui dana satu miliar yang diberikan oleh pa H Robert, karena sebelumnya tidak seperti ini,”tandansya.(dit)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *