EkonomiMaluku Utara

BI Malut Siapkan Stok Uang Rp 1,4 Triliun

×

BI Malut Siapkan Stok Uang Rp 1,4 Triliun

Sebarkan artikel ini
Bank Indonesia FOTO DETIK.COM

HARIANHALMAHERA.COM–Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara pada tahun ini telah menyiapkan stok uang sebanyak Rp 1,45 triliun. Penyiapan uang sebanyak itu juga dalam rangka mengantisipasi tingginya permintaan uang pada suci Ramadhan dan lebaran.

Kepala Kantor Perwakilan BI Malut, R. Eko Adi Iriyanto mengungkap, permintaan uang selama ramadan hingga lebaran di Malut diprediksi mencapai Rp 876 Miliar.

“Ini meningkat 11 persen dari tahun lalu,” kata Eko disela-sela acara Semarak Tarhib Ramadhan 1443 H Dengan Cinta, Bangga, Paham Rupiah di Dhuafa Center, Ternate, Jumat, (1/3).

Pada ramadan kali ini, BI menyelenggarakan serangkaian kegiatan yang mengambil tema ‘Serambi Rupiah Ramadhan: Belanja Bijak dan Rawat Rupiah’.

“Dengan tema tersebut, kami mengajak masyarakat agar makin bijak menggunakan Rupiahnya dalam bertransaksi, tidak berlebihan dan sesuai kemampuannya sehingga fluktuasi harga barang akibat meningkatnya uang yang beredar selama Ramadan dapat lebih terkendali,”ujarnya.

Selain itu, kata dia, BI menginisiasi ajakan kepada masyarakat untuk makin bijak dalam memperlakukan uang Rupiah sebagai alat pembayaran dan salah satu simbol kedaulatan negara.

“Terlebih lagi pada bulan yang penuh berkah ini, tradisi ‘Tambaru Doi’ berupa kegiatan berbagi rezeki dengan sesama akan meningkatkan kebutuhan uang yang harus kami siapkan ketersediaannya,” pungkas Eko.(par/pur)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *