FeatureMaluku UtaraPT Nusa Halmahera Minerals

Yaumul Milad Ayahandaku Haji Romo

×

Yaumul Milad Ayahandaku Haji Romo

Sebarkan artikel ini
Taufid Soleman, HRI Foundation (Yayasan Hi Robert Ilham Habibi) saat bersama ayahanda H Romo, Presdir PT NHM

Taufid Soleman, HRI Foundation (Yayasan Hi Robert Ilham Habibi)

Tanggal 6 April 2022 adalah momen bahagia ayahanda H Romo (H Robert Nitiyudo Wachjo). Hari tersebut merupakan kelahirannya yang mana mengingatkan kita semua pada sosok perjuangan seorang ibu yang melahirkan, menyusui, memberi makan, berkasih sayang sampai tumbuh dewasa. Maksudnya, krakteristik keibuan tersebut terwaris pada sosok ayahanda terhadap orang disekitarnya baik itu karyawan-karyawati di perusahan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) maupun warga diarea lingkar tambang NHM.

Tak heran bila slogan HRI, “Berbagi Dari Hati Niat Ilahi”, ikut mewakili sifat maupun tindakan beliau. Memang setiap manusia memiliki jalan cerita kehidupan tersendiri tetapi tidak semua memilik kisah hidup yang menginspirasi banyak orang. Ayahanda sendiri tentu punya itu. Sebagai bentuk kontritnya adalah ketika beliau memberikan sesuatu dari dirinya untuk orang lain yang membutukan memang hanya terfokus pada amal ibadah. Semua itu dilakukan benar-benar tulus dari hati dan iklas hanya semata-mata untuk Allah.

Ayahanda H Romo adalah sosok panuntan bagi saya sebagai anak dan karyawan-karyawati yang ada di perusahan PT NHM termasuk masyarakat lingkar tambang NHM hingga lebih luas public Maluku Utara. Sifatnya yang lembut dan kerendah hati membuat orang merasa nyaman dan akrab seakan lupa kalau dirinya adalah Presiden Direktur (Presdir) sekaligus pemilik tambang emas PT NHM. Sebab, tidak ada sekat dan canggung ketika beliau tertemu sapa dengan siapapun.

Sejak ayahanda bersama PT Indotan mengambil alih PT NHM dari Newcrest Mining Ltd, saat itu pula berbagai program pun dicanangkan. Bahkan tak menunggu waktu yang lama sejumlah terobosan telah direalisasi. Hampir semua programnya menyebutuhan dasar masyarakat, seperti program bidang Pendidikan berupa beasiswa kuliah, kesehatan berupa jaminan pengobatan gratis, bidang ekonomi yakni berdayakan warga untuk budidaya tanaman pertanian, perkebunan, nelayan dan social masyarakat seperti berikan santunan bagi warga kurang mampu baik para janda, duda lanjut usia (lansia, anak yatim piatu hingga bantuan ke rumah ibadah.

Tak sampai disitu, program khusus dari ayahanda seolah menambah semangat hidup masyarakat lingkar tambang, yaitu bantuan bedah rumah warga kurang mampu, bantuan biaya untuk pengobatan bagi balita penderita penyakit ganas dan masih sangat banyak lagi terobosan yang dilakukan ayahanda.

Tentunya semua itu menjadi kebanggaan masyarakat terutama bagi buat saya, yang merasa ayahanda adalah orang tua sekaligus sosok inpirasi. Selamat ulang tahun ayahanda, sehat selalu dan teruslah menebar kebaikan melalui sedekah.(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *