EdukasiZona Kampus

Beasiswa Bidik Misi Ganti Nama KIP Kuliah

×

Beasiswa Bidik Misi Ganti Nama KIP Kuliah

Sebarkan artikel ini
Presiden Joko Widodo (Jokowi)

HARIANHALMAHERA.COM–Beasiswa bidik misi yang saat ini masih diberlakukan, kemungkinan besar akan dihapus. Beasiswa ini akan berubah nama dan terintegrasi dengan Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

Menurut Didin Wahidin selaku Direktur Kemahasiswaan Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kemenristekdikti, tahun depan ada kemungkinan mengganti nama beasiswa Bidik Misi bagi mahasiswa menjadi Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

“Tahun depan ada rencana mengganti beasiswa Bidik Misi menjadi KIP Kuliah dengan jumlah penerima beasiswa mencapai sekitar 800 ribu mahasiswa,” kata Didin saat berada kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), yang dilansir republika.co.id.

Didin menjelaskan sekitar 800 ribu mahasiswa yang memperoleh beasiswa pada 2020 adalah 400 ribu untuk mahasiswa baru dan 400 ribu untuk yang sedang menempuh penidikan. Menurutnya, jumlah tersebut meningkat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, tidak ada perubahan nominal yang diterima mahasiswa atau masih sama dengan Bidik Misi sebelumnya.

Nominal yang diterima mahasiswa (melalui rekening masing-masing) sebesar Rp 650 ribu per bulan dan Rp 2,4 juta per semester yang masuk ke rekening perguruan tingginya. “Untuk KIP kuliah nanti, datanya sudah ada. “Kami (Kemeristekdikti) sudah menyinkronkan data dengan Kemenaker, Kemendikbud dan Kemensos,” ujarnya.

Ia mengatakan sebagai tahap awal, KIP kuliah akan memberi prioritas pada mahasiswa yang kuliah di bidang sains dan vokasi. Sedangkan untuk bidang atau ilmu-ilmu sosial pada tahap selanjutnya. “Bukannya tidak ada untuk ilmu-ilmu sosial,” katanya.

Dengan KIP Kuliah, mereka yang saat sekolah (SMA sederajat) sudah memiliki KIP, maka bisa mendapatkan KIP Kuliah. Untuk PTN, ada kewajiban memberi porsi 20 persen beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu.

Sementara bagi PTS tidak ada kewajiban itu. Meski beasiswa disediakan untuk semua perguruan tinggi, banyak PTS yang tidak berkenan. Namun, bukan berarti PTS tidak memberikan porsi beasiswa bagi mahasiswa kurang mampu.

“Nominal beasiswanya hanya Rp 2,4 juta per semester. Memang ada PTS yang berharap mendapatkan beasiswa Bidik Misi, terutama yang uang semesternya tidak lebih dari Rp 2,4 juta, namun kebanyakan SPP di PTS, khususnya PTS yang besar dan maju, SPP-nya sudah di atas angka Rp 2,4 juta,” ujarnya.(rep/fir)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *