Pimpin Apel Pagi dan Gelar Rapat dengan OPD

Aktivitas Tiga Pjs Kada di Hari Pertama

0
422
Pjs Bupati Halut didampingi Plt. Sekda Halut saat memimpin rapat bersama OPD (Foto : Humas Pemda Halut)

HARIANHALMAHERA.COM–Senin (28/9) kemarin, merupakan hasil pertama empat penjabat sementara (Pjs) Bupati/Wali Kota yang dilantik Gubernur Abdul Ghani Kasuba (AGK) berkantor.

Tak terkecuali Pjs Pulau Taliabu yang baru akan mulai beraktivtas pada Rabu (30/9) besok, tiga Pjs kada lainnya yakni Irwanto Ali (Pjs Bupati Halut), M Rizal Ismail (Pjs Bupati Halbar) dan Ansar Daaly (Pjs Wali Kota Tikep), sudah memulai aktivitasnya kemarin.

Dari pantauan koran ini, agenda yang dilakukan ketiga Pjs di hari pertama ini tidak jauh berbeda. Diawali dengan memimpin apel pagi sekalugus memperkenalkan diri, kemudian berlanjut dengan rapat bersama seluruh pimpinan OPD (organisasi perangkat dinas).

Rata-rata, dalam rapat itu, ada empat agenda utama yang dibahas yang menyangkut dengan tugas pokok Pjs. Yakni meminta laporan sejauh mana progres pelaksanaan pemerintahan dan penanganan Covid-19, persiapan pembahasan RAPBD-P 2020, laporan perkembangan dan situasi pilkada serta  masalah netralitas ASN.

“Karena tugas utama Pjs yakni memastikan penyelenggaraan Pilkada harus berjalan sukses, aman, damai dan tertib,” tegas Pjs Wali Kota Tikep, Ansar Daaly.

Terkait dengan menjaga Netralitas ASN di Kota Tikep, dalam rapat tersebut, Ansar meminta kepada Pimpinan OPD agar selalu mengingatkan bawahannya untuk selalu menjaga netralitas. “Sebagai seorang abdi negara harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat. Dengan menjaga netralitas, seorang ASN sudah ikut membantu pemerintah untuk menjaga ketertiban di masyarakat,” tegasnya

Terkait netralitas ASN ini, Pjs Bupati Halbar M Rizal Ismail dalam rapat dengan pimpinan SKPD menegaskan, akan membentuk tim internal untuk mengawasi gerak-gerik ASN terutama di media sosial. “Jika ada temuan ASN tidak netral, akan diambil sikap tegas sesuai aturan yang berlaku,” ujarnya.

Selama bertugas menjadi Pjs Bupati Halbar, mantan Kadis Pertanian Pulau Morotai ini tidak menggunakan kediaman dinas Bupati di Desa Acango, Jailolo. Dia justeru memilih tinggal di kediamannya di Desa Susupu, Kecamatan Sahu.

Sementara di Halut,  Pjs Bupati Irwanto Ali berharap adanya dukungan dan kerjasama seluruh OPD dalam melaksanakan tugasnya sebagai orang nomor satu di Halut selama 71 hari kedepan.

Sementara Maddarammeng yang ditunjuk Mendagri sebagai Pjs Bupati Taliabu sendiri saat ini masih berada di Jakarta. Rencannya dia baru akan tiba di Bobong Rabu besok. “hari rabu beliau tiba di Luwuk dan kalau tidak ada halangan hari itu juga langsung ke Taliabu. Kalau berhalangan mungkin kamis baru tiba di Bobong dengan speedboat Pemda yang sudah disispkan di pelabuhan Luwuk,: terang Kadiskominfo Pemkab Pulau Taluabu Gafaruddin. (tr4/dit/hms/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here