Dorong Petani Milenial Halteng Bisa Ikut Magang di Jepang

0
150
Ilustrasi : Petani memanen brokoli yang ditanam dengan metode tumpang sari (Foto : republika)

HARIANHALMAHERA.COM–Pemkab Halmahera Tengah (Halteng) ikut berpratisipasi dalam program Kementrian Pertanian (Kementan) yang akan mengirimkan petani milenial untuk mengikuti magang di Jepang selama dua tahun.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Halteng, Yusmar Ohorela mengatakan, saat ini pihaknya mulai membuka rekrutmen. Salah satu syarat untuk mengikuti magang adalah belum berkeluarga. “Karena mereka harus tinggal di Jepang selama 2 tahun. Selain itu harus berprestasi,”terangnya.

Program ini menurutnya dalam rangka mewujudkan pembangunan pertanian, melalui regenerasi petani yang kini didominasi generasi tua. “Pemda masih menunggu surat dari Kementerian Pertanian, apakah kuotanya masih empat orang atau lebih,” katanya.

Keputusan pemerintah memilih Jepang, mengingat negara berjuluk Negeri Matahari Terbit itu merupakan kiblat pertanian dunia. Di Jepang, pengelolaan pertanian sudah berbasis teknologi. “Kalau kita di sini mengelola pertanian masih manual. Sedangkan, di Jepang, untuk menyiram pupuk saja menggunakan alat,” tukasnya.(tr1/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here