Pemprov Coret pelabuhan Sofifi

Usulkan Pengembangan Pelabuhan Gita ke Menhub

0
327
Pelabuhan Gita

HARIANHALMAHERA.COM–Pelabuhan Sofifi yang sebelumnya masuk dalam usulan pemerintah provinsi (Pemprov) ke Pusat untuk didorong dari pelabuhan lokal menjadi pelabuhan pengumpul, akhirnya dicoret.

Sebagai gantinya, Pemprov mengalihkan usulan tersebut ke Pelabuhan Gita di Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan (Tikep). Belum diketahui pasti alasan Pemprov mengalihkan usulan pengembangan pelabuhan ini ke Kementrian Perhubungan (Kemenhub).

Menurut Kadishub Malut, Armin Zakaria usulan pengembangan pelabuhan Gita ini sudah disampaikan langsung gubernur Abdul Gani Kasuba (AGK) kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan telah disepakati.

Untuk menindaklanjuti kesepakatan tersebut, Pemprov akan melayangkan surat usulan tersebut ke Menhub hari ini. “Senin surat nya kita kirim. Sementara kita masi melengkapi data -data teknis¬† pelabuhan eksisting¬† sebagai persyaratan pendukung yang di lampirkan dalam surat ini,” jelasnya

Sekalipun dialihkan dari pelabuhan Sofifi ke Pelabuhan Gita, Armin menegaskan, Desa Gita masih tetap masuk dalam wilayah delianasi kota baru Sofifi.

“Jadi nanti pelabuhan¬† Gita dijadikan pelabuhan penumpang komersial dan penumpang kapal-kapal komersial dan kapal kargo bisa masuk singgah berlabuh di pelabuhan gita”,bebernya.(lfa/pur)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here