Penuhi Janji, NHM Datangkan PCR Mobile Bagi Masyarakat Lingkar Tambang

0
236
Laboratorium RT-PCR mobile yang disediakan bagi masyarakat lingkar tambang yang ingin memeriksakan diri.(foto: dok Harian Halmahera)

HARIANHALMAHERA.COM–Saat silaturahmi manajemen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) dengan camat dan kepala desa beberapa waktu lalu, Presiden Direktur (Presdir) NHM H Robert Nitiyudo Wachjo menjanjikan akan mengadakan fasilitas laboratium PCR bagi masyarakat lingkar tambang.

Meski dalam silaturahmi itu, belumk dirinci apakah fasilitas laboratorium yang dimaksud seperti yang dibangun di RSUD Tobelo atau laboratorium mobile. Kemarin, Harian Halmahera mendapatkan informasi, laboratorium yang diberikan bagi masyarakat lingkar tambang adalah laboratorium mobil PCR.

“Benar. Laboratorium mobile PCR. Ini disesuaikan dengan sebaran desa, yang dimaksudkan untuk memudahkan pelayanan kepada masyarakat,” kata sumber di lingkaran PT NHM.

Dikonfirmasi terpisah, Amin Anwar selaku perwakilan PT Indotan Halmahera Bangkit pemegang saham mayoritas menyebutkan, PT NHM lewat perusahaan farmasi PT Pyridam Farma sudah menyediakan Mobile Polymerase Chain Reaction Lab atau lebih dikenal dengan Mobile PCR Lab.

REALISASI : Mobil PCR Lab dari NHM untuk pelayanan masyarakat lingkar tambang dan amsyarakat Halut yang jauh dari rumah sakit (Foto : NHM fot Harian Halmahera)

Keberadaan Mobile PCR Lab sangat penting, karena bisa lebih cepat membantu mendeteksi pasien yang terpapar Covid-19, sehingga keputusan semakin cepat juga untuk melakukan isolasi atau merawat pasien yang terpapar virus dalam rangka memutus penyebaran Covid-19. “PT NHM sejak awal sangat mendukung langkah dan program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Amin.

Menurut Amin, Mobile PCR Lab dalam deteksi dini terhadap penyebaran Covid-19 bisa secara cepat, fleksibel dan mudah dijangkau oleh masyarakat. “Mobile PCR Lab ini sudah memenuhi standar protokol kesehatan yang ditetapkan World Health Organization (WHO).  Di dalam Mobile PCR Lab, sudah sediakan berbagai alat perlengkapan pengetesan virus, seperti mesin PCR dan pendukungnya, PCR reagent test kit dan bahan habis pakai serta alat pelidung diri (APD),” terang Amin.

Dikutip dari sumber lain, Mobile PCR Lab ini sudah menggunakan teknologi terbaru dengan memiliki kapasitas 1.000 tes per hari dan hasilnya akan keluar kurang lebih 2 jam setelah pemeriksaan.(fir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here